Rabu, 5 Jumadil Akhir 1441 H | 29 Januari 2020

Info

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau, menggelar peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI), di halaman kantor Dinsos Riau Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Dalam peringatan tersebut turut hadir, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Asisten I Setdaprov Riau Ahmad Syah Harrofie, Asisten II Setdaprov Riau Indra, Kepala Dinas Sosial Dahrius Husin, serta anak-anak disabilitas dan pendamping sekolah disabilitas yang ada di Riau.

Kadis Sosial Provinsi Riau Dahrius Husin, menjelaskan bahwa HDI kali ini mengusung tema Indonesia inklusi disabilitas unggul, dengan tujuan untuk mewujudkan kesetaraan antara disabilitas dalam pembangunan dan agen perubahan.

Tambahnya, saat ini di Riau terdapat 2.514 orang penyandang disabilitas. Yang mana, 99 orang diantaranya berada di dalam panti asuhan yang  merupakan tanggung jawab Dinsos untuk memberikan bantuan dan asupan nutrisi.

 

"HDI sebagai salah satu cara Indonesia untuk menempatkan posisi yang setara bagi para disabilitas. Selain dalam panti, diluar panti kita juga berikan bantuan untuk anak-anak dan saudara kita penyandang disabilitas," ucapanya, Minggu (08/12).

 

Dahrius berharap, dengan adanya pelatihan dan bantuan pendidikan, diharapkan mampu mewujudkan penyandang disabilitas yang unggul dan mandiri, serta mampu bersaing dengan anak normal lainnya dalam pekerjaan.

"Kita bekerja sama dengan program CSR perusahaan untuk memberikan pelatihan keterampilan kepada penyandang disabilitas, yang nantinya dapat berguna untuk mengasah kemampuan mereka," ungkapnya.

Lanjutnya, melalui anak-anak berkebutuhan khusus dan berkeahlian khusus tersebut dapat memberikan kemajuan bagi Riau dan bisa mengharumkan nama Riau dalam berbagai bidang.

"Semoga disabilitas bisa hidup mandiri dan juga bisa aktif dalam agen pembangunan di Riau," tutur Kadis Sosial ini. (MCR/IP)

Berita Terkait