Rabu, 5 Jumadil Akhir 1441 H | 29 Januari 2020

Info

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, mengajak seluruh masyarakat Riau, baik itu tergolong dalam pihak swasta, pemerintah daerah, perusahaan dan lainnya untuk peduli terhadap disabilitas.

Hal tersebut diungkapkannya saat membuka acara Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2019, di halaman kantor Dinas Sosial Provinsi Riau, Minggu (08/12).

Jelasnya, kaum disabilitas juga sama haknya dengan manusia lainnya, butuh kehidupan yang layak, pekerjaan, pendidikan, dan juga hidup dengan berbagai macam ragam.

Untuk itu, Gubri mengharapkan adanya sikap saling bahu membahu untuk membantu disabilitas baik dalam hal pendidikan atau pelatihan yang bersifat penunjang kehidupan jangka panjang orang-orang berkebutuhan khusus tersebut.

"Disabilitas butuh perhatian, butuh kehidupan yang layak, serta butuh sandang untuk menjalani hidup ini, makanya kita harus membantu dalam pendidikan dan pelatihan skill mereka," katanya.

Syamsuar menyebutkan, dari data 2.514 penyandang disabilitas yang tercatat di Riau, belum jelas gender, usia serta jenis kelaminnya.

Untuk itu, ia menugaskan kepada Dinsos untuk segera memperbaharui data tersebut, sehingga bantuan yang diberikan sesuai dengan target yang diharapkan.

"Supaya langkah-langkah kita tepat, makanya kita perlu data jelas," ungkap orang nomornya satu di Riau ini.

Jelasnya, kedepannya Pemprov Riau akan terus berupaya mensejahterakan disabilitas dengan memberikan perhatian lebih sehingga mampu menciptakan disabilitas yang unggul dan mandiri. 

"Dengan cara bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memberikan pelatihan dan pendidikan bagi mereka," ungkap Syamsuar. (MCR/IP)

Berita Terkait