Rabu, 5 Jumadil Akhir 1441 H | 29 Januari 2020

Info

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Nasution memaparkan pentingnya Peran Pimpinan Dalam Menciptakan Pengendalian Yang Baik.

Hal itu disampaikannya saat menjadi narasumber dalam Workshop Sistem Pengendalian Intern Pemerintahan Tingkat Pimpinan Daerah Se-Provinsi Riau di Aula BPKP Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru, Senin (9/12/19).

Dalam sambutanya Edy Natar mengatakan bahwa orang berintegritas berarti memiliki pribadi yang jujur dan memiliki karakter kuat. Oleh karenanya, dibutuhkan pemimpin daerah yang berintegritas.

"Menurut Pasal 3 PP 60 Tahun 2018, ada 5 unsur sistem pengendalian intern pemerintah sesuai dengan SPIP yaitu Penegakan Integritas dan Nilai, Komitmen Terhadap Kompetensi, Struktur Organisasi Sesuai Kebutuhan, Kebijakan yang Sehat Tentang Pembinaan SDM, Peran APIP yang Efektif."

Dikatakannya, melalui sebuah integritas dan peran yang dimainkan oleh seorang pemimpin antara lain kejujuran, disiplin, dapat dipercaya, dan bertanggung jawab.

"Bagi Seorang Pemimpin Untuk Memiliki Sebuah Integritas Kepemimpinan penerapannya harus berdasar Azaz Kepemimpinan yaitu Taqwa, Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani, Waspada Purba Wisesa, Ambeg Parama Arta,Prasaja, Satya, Gemi Nastiti, Blaka, Legawa," terang Edy.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, untuk menciptakan sebuah lingkungan pengendalian yang baik dalam SPIP maka diperlukan adanya Integritas bagi seorang pemimpin, dan pemimpin tersebut harus mampu memainkan perannya selaku leader dengan cara mengaplikasikan kepemimpinannya dalam sebuah organisasi yang berdasarkan kepada 11 azaz kepemimpinan. (MCR/Sur)

Berita Terkait