Jumat, 13 Zulqaidah 1441 H | 03 Juli 2020

Info

KAMPAR - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-65 Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) dan menyambut Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember 2019 mendatang, Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lestari Desa Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar bekerja sama dengan Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Pekanbaru mengadakan lomba balita sehat se-Desa Kualu tahun 2019, Selasa (10/12/19).

Dalam lomba itu diikuti sebanyak 27 balita yang telah diseleksi oleh kader posyandu balita di 9 posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Pembantu Desa Kualu, dengan masing-masing posyandu mengirimkan utusan 3 orang balita terdiri atas 2 balita usia 6-24 bulan dan 1 balita berusia diatas 2 tahun. Serta juri dalam acara itu dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Tambang.

Penanggung Jawab Posyandu Lestari selaku Ketua Pelaksana, Maria Husein mengatakan kegiatan ini bertujuan sebagai media pembelajaran kepada ibu balita tentang pentingnya pemantauan pertumbuhan balita.

"Maka dari itu diharapkan ibu balita dapat meningkatkan status gizi balita serta memotivasi kader posyandu agar mengetahui keadaan gizi balita," harapnya.

Menurut Maria, peningkatan status gizi anak balita merupakan salah satu program unggulan dalam membangun Indonesia sehat di 2025.

Hal serupa juga dilontarkan Ketua Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Pekanbaru, Ruhul Aflah mengapresiasi baik kegiatan ini dan ia mengatakan pihaknya juga telah mempunyai program yang akan dilakukan untuk posyandu.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan lomba balita sehat ini fokus penilainnya meliputi stataus ibu, terdiri dari pendidikan, umur saat melahirkan dan pekerjaan. Penilaian selanjutnya adalah perilaku sehat, pemeriksaan gizi, pemerimsaan fisik dan perkembangan.

"Ini nantinya akan dibuktikan dengan melihat Kartu Menuju Sehat (KMS) yang dimiliki masing-masing ibu balita. Dari KMS itu bisa dilihat kerajinan ibu membawa anaknya ke posyandu maka akan terpantau melalui kartu itu," jelasnya. (MCR/NV)

Video

Update Covid-19 ( 2 Juli 2020 ) di Provinsi Riau

Updet Covid-19 ( 1 Juli 2020 ) di Provinsi Riau

Update Covid-19 (29 Juni 2020) di Provinsi Riau

Berita Terkait