Sabtu, 26 Zulhijjah 1441 H | 15 Agustus 2020

Info

Pintu PLTA Koto Panjang dibuka menyusul peningkatan debit air di waduk penampungan.

PEKANBARU - Tiga kabupaten di Provinsi Riau terancam banjir akibat meningkatnya curah hujan dalam beberapa pekan terakhir di Riau. Tiga kabupaten itu adalah Kampar, Rokan Hulu dan Pelalawan.

"Tiga kabupaten, yakni Kampar, Rohul dan Pelalawan cukup rawan (banjir)," ujar Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Gafur, di Pekanbaru, Selasa (10/12/2019).

Tingginya curah hujan beberapa waktu terakhir membuat potensi banjir meningkat. Kondisi ini tidak hanya terjadi di Riau tapi juga di daerah lain, seperti di Provinsi Sumatera Barat.

Menurutnya, aliran air dari Sumatera Barat akan bergerak melalui sungai-sungai yang ada di tiga kabupaten di Riau. Ini disebabkanya topografi Sumatera Barat yang lebih tinggi dari Riau.

Untuk mengantisipasi banjir, kata Jim Gafur, BPBD Riau berkoordinasi dengan BPBD di tiga kabupaten di Bumi Lancang Kuning. "Koordinasi terus dilakukan sejak November lalu," ucap dia.

BPBD Kabupaten Kampar, Rokan Hulu dan Pelalawan diminta menyiapkan logistik dan peralatan untuk antisipasi terjadinya banjir. Kepada masyarakat juga diimbau untuk terus waspada.

"Kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang bantaran sungai di tiga kabupaten untuk terus waspada. Jika melihat tanda-tanda akan banjir segera lakukan evakuasi dan laporkan juga ke petugas kita," imbau Jim Gafur.(MC Riau/yan)

Video

Pertemuan Gubernur Riau Dengan Komisi II DPRD Provinsi Riau

Rapat Paripurna DPRD Provinsi Riau Dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Ke-63 Provinsi Riau Tahun 2020

Rapat Pembahasan Perbatasan Bengkalis (Indonesia) Dengan Malaysia

Berita Terkait