Rabu, 28 Jumadil Awwal 1441 H | 22 Januari 2020

Info

PEKANBARU - Dalam peringatan puncak Hari AIDS sedunia yang diselenggarakan pada 12 Desember 2019 mengusung tema global yaitu "Comunnities Make the Difference".

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Natzir dalam kesempatan itu selaku Pembina Upacara peringatan puncak Hari AIDS Sedunia yang diselenggarakan di halaman Kampus STIKES Hang Tuah Pekanbaru, Kamis (12/12).

Ia mengatakan dengan tema global tersebut dijelaskannya betapa pentingnya peran komunitas termasuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam penanggulangan AIDS, yaitu bisa dilakukan dalam pemberian layanan hiv, penegakan Hak Asasi Manusia (HIV) dan pendampingan Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) dalam pengobatan.

"Kita menyerap tema global ini dengan ungkapan bersama masyarakat menuju sukses menuju riau bersatu," terangnya.

Lebih lanjut, berpegang dengan tema itu, Mimi mengatakan, Pemerintah Provinsi Riau beserta para mitra mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk meraih sukses dalam mencapai three zero pada tahun 2030, yang berisi tidak adanya kasusu infeksi HIV baru, tidak ada kematian akibat AIDS serta tidak ada stigma dan diskriminasi pada ODHA.

Ia juga mengatakan, di tahun 2017 lalu Pemprov Riau telah melakukan semangat kampanye dengan tema "Saya Berani Saya Sehat".

"Kampanye ini menyerukan agar masyarakat melakukan tes HIV serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh masyarakat terhadap HIV/AIDS," ungkapnya.

Mimi berharap, dengan Hari AIDS Sedunia seluruh masyarakat bisa melakukan antisipasi HIV secara dini terhadap diri sendiri, keluarga, masyarakat dan lingkungan.

"Jangan takut melakukan pemeriksaan secara dini," pesannya. (MCR/NV)

Berita Terkait