Minggu, 2 Jumadil Akhir 1441 H | 26 Januari 2020

Info

Wagubri Edy Natar menyerahkan secara simbolis beasiswa kepada Mahasiswi Unilak.

PEKANBARU -- Universitas Lancang Kuning (Unilak) menjadi perguruan tinggi yang  terbanyak mendapat bantuan beasiswa pendidikan untuk mahasiswa dari Pemerintah Provinsi Riau di dibanding perguruan tinggi lain di Riau dan luar Riau.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau Rudyanto, dalam sambutannya dalam kegiatan penyerahan simbolis beasiswa Pemprov Riau kepada Perguruan Tinggi, di Grand Suka Hotel Pekanbaru, Jumat (13/12/2019).

Turut hadir Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, para Rektor dan Wakil Rektor Perguruan Tinggi se Provinsi Riau, dan Mahasiswa penerima beasiswa, serta undangan lainnya.

Rudy menjelaskan, program beasiswa diberikan dengan kategori beasiswa prestasi, beasiswa Bidikmisi, dan Tahfiz Al Qur'an. Penerima beasiswa Bidikmisi mahasiswa dari keluarga tidak mampu dan berprestasi. Untuk penerima beasiswa Tahfiz quran  minimal 5 juz berjumlah 60 orang dari quota 176 orang  dan baru tahun 2019 diprogramkan.

Beasiswa tersebut menurut Rudy diberikan kepada perguruan tinggi yang telah bekerjasama dengan pemerintah provinsi Riau, di Riau ada Unri, UIR, Unilak, Umri, PCR, UIN dan AKMR. Untuk luar Riau ada UI, Brawijaya dan lain lain. Untuk Unri ada lebih dari 500 mahasiswa penerima beasiswa, UIR lebih dari 600 mahasiswa, dan Unilak 920 Mahasiswa, dengan rincian rincian FKIP 321 Mahasiswa, Fasilkom 220 orang, fakultas ilmu budaya 300 orang, Tahfiz 1 orang, dan beasiswa Bidikmisi untuk semua jurusan 90 orang.

"Pemberian beasiswa ini bertujuan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) handal, meningkatkan prestasi mahasiswa, mengurangi jumlah mahasiswa prestasi yang putus kuliah, dan pemerataan akses kesempatan belajar hingga kuliah. Tahun 2019 ini, pemerintah provinsi Riau menganggarkan 29,6 milyar dengan jumlah  penerima beasiswa 2927 orang," pungkasnya.

Sementara Rektor Unilak Dr Junaidi S.S, M.Hum yang ditemui, mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Riau, unilak menjadi yang terbanyak menerima beasiswa tentunya juga kami mengajak masyarakat yang ingin melanjutkan kuliah dapat memilih kuliah di Unilak, ada banyak beasiswa yang tersedia baik dari Unilak sendiri maupun dari luar.

"Selain itu saya berpesan kepada mahasiswa penerima beasiswa untuk dapat menggunakan uang untuk biaya kuliah, dan dapat kuliah tepat waktu, penerima beasiswa adalah orang orang pilihan yang di seleksi dengan ketat," pesannya. (MCR/mad)

Berita Terkait