Minggu, 2 Jumadil Akhir 1441 H | 26 Januari 2020

Info

Ilustrasi

PEKANBARU - Tim Rescue Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau memasang kamera trap di Desa Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar. Di daerah itu ditemukan jejak kaki Harimau Sumatra.

"Beberapa hari terakhir ditemukan jejak kaki satwa yang diduga Harimau Sumatra," ujar Humas BBKSDA Riau, Dian Indrati, di Pekanbaru, Jumat (13/12/2019).

Pemasangan kamera trap untuk melacak dan memantau pergerakan Harimau Sumatra atauPanthera tigris sumatrae. Kamera trap akan dipasang di beberapa titik.

Tim juga melakukan identifikasi jejak di Km 6 dan Km 7 serta areal sekitar Sungai Sibam. Dua kamera trap dipasang di sekitar titik yang diperkirakan jadi perlintasan si Kucing Besar.

"Di sana banyak ditemukan jejak. Tim memperkirakan bahwa jejak Harimau Sumatra yang dijumpai merupakan jejak tiga hari yang lalu," tutur Dian.

Hingga pukul 17.10 WIB hari ini, tim maupun aparat Desa Karya Indah tidak ada menerima laporan keberadaan jejak Harimau Sumatra. "Kegiatan akan dilanjutkan besok untuk monitoring kamera trap," cakap Dian.

Selain memasang kamera trap, tim BBKSDA, Yayasan TNTN, Rimba Langit Foundation, Babinkamtibmas dan Tim Mitigasi Konflik Satwa Desa Karya Indah bersama sama melakukan sosialisasi dan koordinasi di wilayah tersebut.

Juga dilakukan pemasangan poster dan papan informasi. "Tips menghindari satwa Harimau pun dilakukan," tutur Dian.(MC Riau/yan)

Berita Terkait