Minggu, 2 Jumadil Akhir 1441 H | 26 Januari 2020

Info

PEKANBARU - Dalam parade Bhineka Tunggal Ika yang diselenggarakan oleh Forum Pembaruan Kebagsaan (FPK) Provinsi Riau, menghadirkan berbagai kebudayaan se nusantara bahkan etnik Tionghoa.

Parade ini berlangsung di jalan Gajah Mada, Pekanbaru, Minggu (15/12). Dihadiri langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar, Ketua LAM Riau Datuk Seri Syahril Abu Bakar, Ketua FPK Riau AZ Fachri Yasin, serta Forkopimda lainnya.

Ada berbagai kemeriahan yang ditampilkan dalam acara tersebut, yakni penampilan kebudayaan dan keberagaman bangsa Indonesia mulai dari sabang hingga Merauke.

Beberap penampilan yang dipertontonkan dari berbagai komunitas atau perkumpulan seperti Misuri, Jawa Riau menampilkan Reok Ponorogo, Manado, Inhil tradisi tepung tawar, paguyuban Solo Riau, PSMTI Riau, IKMR Riau, persatuan masyarakat Sulawesi Selatan Riau, NTT Riau, Papua, Bali Riau, Batak Riau, dan lain sebagainya.

Ketua FKP Riau, AZ Fachri Yasin, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu cara mempertahankan kerukunan umat dan keberagaman yang ada di Riau.

Jelasnya, melalui acara ini diharapkan mampu mempererat tali persaudaraan antar sesama, serta tidak adanya perbedaan antara suku satu dan yang lainnya.

"Kita semua satu, demi Riau lebih baik. Kita berharap acara seperti ini daoat terus digelar untuk membangun Riau yang lebih maju lagi," ungkapnya.

Fachri juga mengatakan, melalui parade ini diharapkan mampu memupuk rasa persaudaraan antar sesama. Serta dapat melihat keberagaman indoensia melalui miniatur pertunjukan seni.

"Semoga anak cucu kita kelak dapat melihat keberagaman Indonesia, mencitai NKRI. Salah satu caranya melalui parade seperti ini," tutupnya. (MCR/IP)

Berita Terkait