Selasa, 14 Zulqaidah 1445 H | 21 Mei 2024

PELALAWAN - Pemerintah Kabupaten Pelalawan, Riau, bertekad dan menargetkan akan meraih piagam Adipura khusus penataan kota kecil terbersih pada tahun 2015 mendatang, dan saat ini berbagai upaya terus dilakukan salah satunya yakni mendistribusikan tong sampah.

Informasi ini dibeberkan Asisiten bidang Administrasi Pembangunan Setdakab Pelalawan Drs Atmonadi MSi, Kamis (1/5) di Pangkalan Kerinci. Ia mengatakan, untuk meraih piagam Adipura khusus penataan kota kecil terbersih, maka saat ini pihaknya bersama badan lingkungan hidup (BLH) Pelalawan telah merencanakan melakukan pembenahan baik sarana maupun sarana diberbagai sektor salah satunya penanganan masalah sampah seperti disekolah, pasar, rumah sakit, pertokoaan, pemukiman masyarakat dan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.

"Dalam penanganan masalah sampah ini, maka kita dalam waktu dekat ini, kita akan menyediakan dan mendistribusikan tong sampah terpilah yakni sampah organik dan anorganik ditempat - tempat tersebut. Dengan demikian, maka persiapan penilaian piagam Adipura sebagai kota kecil terbersih pada tahun 2015 mendatang dapat kami raih," ujarnya.

Hanya saja, sebut mantan Kepala Dinas Pertanian Pelalawan ini, khusus untuk kantor dinas ataupun badan dilingkungan Pemkab Pelalawan, pihaknya meminta agar seluruh Kepala SKPD untuk dapat menyediakan bak sampah terpilah dimasing-masing kantornya. Pasalnya, para SKPD ini memiliki anggaran untuk membangun bak sampah terpilah tersebut dimasing-masing kantornya.

"Ini merupakan target RPJM Bupati Pelalawan, jadi, siap tidak siap, maka para kepala SKPD wajib menyediakan hal ini. Dan ini juga akan masuk kedalam evaluasi kinerja para kepala SKPD," tegasnya.

Selain melakukan penyediaan tong dan bak sampah terpilah, sambung Atmonadi, pihaknya juga mengintruksikan kepada seluruh Camat se-kabupaten Pelalawan untuk dapat mensosialisasikan dan menggerakkan agar masyarakat dapat meningkatkan kesadaran hidup bersih.

"Salah satunya seperti menerapkan program Pelalawan sehat dengan menggiatkan gotong royong pada masyarakat dan juga dapat memanfaatkan pekarangan baik dilingkungan rumah masyarakat maupun tempat umum dengan menanam tumbuh-tumbuhan mapun pohon-pohon besar. Dengan demikian, maka penilaian Adipura yakni ruang terbuka hijau dapat terpenuhi yang nantinya akan menghantarkan kabupaten Pelalawan dapat meraih penghargaan dibidang kebersihan tersebut," tandasnya.

Sementara itu, Kepala BLH Pelalawan Syamsul Anwar SH MH mengatakan, bahwa kendala dan kelamahan kabupaten Pelalawan dalam penilaian untuk meraih piagam Adipura yakni pada bidang pengelolaan sampah dan juga ruang terbuka hijau.

"Selama ini, setiap kami mengikuti penilaian Adipura sebagai kota kecil terbersih, kita hanya berada pemantauan 1 karena nilai kita berada dibawah 70 atau berada pada angka 50-60. Sedangkan kendala kita dalam meraih piagam Adipura ini terbentur pada dua permasalahan yakni pengelolaan sampah dan juga ruang terbuka hijau. Untuk itu, maka pada tahun 2014 ini, kedua masalah tersebut akan kita benahi, sehingga kita dapat meraih peningkatan penilaian dan masuk pemantauan ke 2. Dengan demikian, maka target kita meraih piagam Adipura pada tahun 2015 mendatang dapat teralisasi," paparnya.

Ia menambahkan, untuk pengadaan tong sampah terpilah tersebut diberbagai tempat, akan direalisasikan pada akhir Juni mendatang. Dan nantinya, sampah-sampah yang telah dipilah ini seperti sampah organik, akan dibuat menjadi pupuk kompos dengan menggunakan mesin komposter yang telah dimiliki Pemkab Pelalawan.

Sedangkan untuk sampah anorganik, katanya, maka akan dimasukkan ke dalam bank sampah yang akan segera diresmikan Bupati Pelalawan M Harris pada 21 Mei mendatang. Dengan demikian, maka selain menargetkan dapat meraih piagam Adipra, maka sampah ini juga akan menjadi sumber peningkatan atau pemasukan PAD Pelalawan yang akan dikelola dengan pengelolaan yang baik.

"Namun, semuanya ini kami kembalikan kepada seluruh unsur lapisan masyarakat. Jika kemauan seluruh unsur lapisan masyarakat untuk menerapkan lingkungan bersih, maka kita optimis pada tahun 2015 mendatang dan tahun-tahun selanjutnya, piagam Adipura khusus penataan kota kecil terbersih dan bahkan piagam Adipura Kencana dapat kita raih.

Tapi, jika kemauan unsurlapisan masyarakat sendiri minim, maka apa yang kita lakukan ini akan sia-sia belaka. Untuk itu, saya menghimbau agar seluruh lapisan masyarakat, mari sama-sama kita ciptakan lingkungan yang bersih dan sehat dengan menggiatkan melakukan upaya-upaya kebersihan seperti gotong-royong dan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan," katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, piagam Adipura yang nantinya akan dapat diraih, hingga mengharumkan nama baik Pelalawan. (MC Riau/Iin)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

KPU Pelalawan Distribusikan Logistik Pemilu 2024

Sabtu, 10 Februari 2024 | 22:31:24 WIB

Rumah Dinas Kadis di Pelalawan Jadi Posko Banjir

Senin, 15 Januari 2024 | 07:52:41 WIB

Ngungsi di Posko Banjir, Warga: Kami Sangat Diperhatikan

Ahad, 14 Januari 2024 | 20:25:59 WIB