Sabtu, 2 Safar 1442 H | 19 September 2020

Info

PEKANBARU- Dalam upacara memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) ke-74, Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution ajak Aparatur Sipil Negara (ASN) dan jajaran Kemenag untuk memperhatikan hal-hal yang harus jadi perhatian.

Hal tersebuta yakni, pertama, pahami sejarah kemenag serta regulasi tugas dan fungsi kementerian ini dalam konteks relasi agama dan negara. Kedua, Jaga idealisme kejujuran integritas dan budaya kerja kemenag ditengah arus kehidupan yang serba matrealistis, selaraskan antara kata dengan perbuatan, sesuaikan tingkah dengan sumpah jabatan.

Wagub melanjutkan, hal ketiga adalah tanamkan selalu bahawa bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan. 
 

"Perkuat ekosistem pembangunan dibidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat," ini hal berikutnya terangnya.

Kelima, ia kembali melanjutkan, rangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan dan moderasi beragama sejalan dengan falsafah pancasila yang mempersatukan anak bangsa walaupun berbeda ras, etnis, agama dan golongan. Terkhir, implementasikan visi dan misi pemerintah kedalam program kerja kemenag.

Dalam kesempatan itu Edy Natar menegaskan, agama dan negara saling membutuhkan dan memberi kekompakan untuk menjamin kebahagiaan manusia.

"Jadi ini tidak bisa dipisahkan," ungkapnya.

Sebab, menurutnya penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan apalagi dipertentangkan tapi harus dalam satu kotak untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara.

"Penguatan identitas beragama bila dipisahkan dari spirit bernegara dapat melahirkan radikalisme beragama. Sebaliknya penguatan identitas bernegara bila dipisahkan dari spirit beragama dapat memberikan peluang berkembangnya sekularisme dan liberalisme," tutup Wagubri. (MCR/NV).

Video

Gubernur Riau Hadiri Panen Perdana Kebun Jagung Kelompok Tani Goro SAE Riau

Gubernur Corner (12 September 2020)

Gubernur Riau Meninjau Penempatan Pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Di Rumah Sehat Rusunawa Rejosari

Berita Terkait