Sabtu, 2 Safar 1442 H | 19 September 2020

Info

Ingot Hutasuhut

PEKANBARU - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru bakal menertibkan pasar kaget di Kota Pekanbaru. Data yang dihimpun, ada 80 pasar kaget tersebar di 12 kecamatan.

"Ada pasar kaget itu yang tetap, tapi ada juga yang pindah-pindah. Kita perkirakan ada 80 pasar kaget di Kota Pekanbaru," kata Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Kamis (9/1/2020).

Kata Ingot, ia sudah menggelar rapat dengan pihak Kecamatan Rumbai. Sudah ada kesepakatan bahwa pertengahan Februari ini mereka akan menertibkan pasar kaget yang ada di Rumbai.

"Kita undang pelaku pasar kaget. Pertengahan Februari nanti mereka kita minta tidak lagi di pasar kaget," jelasnya.

"Kita imbau juga silakan bergabung dengan pasar resmi, baik pemerintah maupun swasta," tambahnya.

Sementara itu, di Kecataman Rumbai ada 10 titik lokasi pasar kaget. Pengelola pasar kaget dideadline hingga 14 Februari 2020 mendatang untuk menutup aktivitas meraka.

"Kita telah bersepakat untuk memberikan waktu hingga 14 Febuari mendatang," kata Camat Rumbai Femi Herliza.

Ia juga mengimbau Lurah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak memberikan lahan meraka untuk lokasi pasar kaget. Femi juga menjelaskan pihaknya juga bakal menyurati pemilik lahan yang saati ini dijadikan lokasi pasar kaget.

"Imbauannya kepada pemilik lahan tersebut untuk tidak memberi izin untuk kembali dijadikan lokasi pasar kaget. Karena apa yang mereka lakukan itu secara tidak langsung telah mendukung pelanggaran aturan tentang penataan pasar," jelasnya.

Femi menegaskan, penertiban dilakukan dalam upaya mengoptimalisasi Pasar Tengku Kasim Rumbai dan penataan pasar sesuai peraturan daerah.(MC Riau/yan)

Video

Gubernur Riau Hadiri Panen Perdana Kebun Jagung Kelompok Tani Goro SAE Riau

Gubernur Corner (12 September 2020)

Gubernur Riau Meninjau Penempatan Pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Di Rumah Sehat Rusunawa Rejosari

Berita Terkait