Selasa, 27 Jumadil Awwal 1441 H | 21 Januari 2020

Info

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengungkapkan rasa bangganya atas capaian kiprah Komjen Pol Gatot Eddy Pramono yang sebelumnya telah dilantik sebagai Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri).

Gatot yang menjalani prosesi adat tepuk tepung tawar di Balai Adat Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Sabtu (11/1/2020), diharapkan akan diikuti generasi muda Riau lainnya. 

"Pak Gatot telah dipercaya oleh presiden sebagai Wakapolri. Ini jabatan tinggi di Kepolisian. Tentu ini sangat membanggakan bagi masyarakat Riau. Kami pun berharap nanti akan ada generasi muda di Riau yang meniru jejak pak Gatot ini. Beliau ditempa mulai dari taruna Akpol hingga saat ini menjadi Wakapolri," kata Syamsuar, Sabtu (11/1/20).

Orang nomor satu di Riau ini pun berharap, tepuk tepung tawar oleh LAM Riau ini menjadi perekat, pengingat terhadap Gatot, melalui nilai-nilai melayu yang ditanamkan sebagai makna yang terkandung dalam tepuk tepung tawar tersebut.

Sementara itu, Gatot Eddy Pramono, mengatakan prosesi adat tepuk tepung tawar ini menjadi sebuah pengingat bahwa ia telah diberi doa dan amanah oleh masyarakat Riau untuk selalu memberikan yang terbaik bagi negara dan provinsi tempat kelahirannya ini.

Dari tanah kelahirannya ini pula, dirinya banyak belajar menjadi insan yang kini telah berkiprah di tingkat naaional. 

"Saya sangat berterima kasih karena didoakan terus. Yang mana para sesepuh, orang tua, sanak saudara yang ada di sini terus mendoakan kebaikan untuk saya yang saat ini berkiprah di tingkat nasional dan tentunya untuk berkontribusi bagi Riau," ujarnya.

Sementara Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR, Datuk Seri Al Azhar mengatakan, bahwa tepuk tepung tawar ini bermakna sebagai bentuk dukungan dan doa selamat dari LAMR kepada Gatot Eddy Pramono agar diberi kemudahan dan kelancaran selama melaksanakan tugasnya sebagai Wakapolri.

"Hal ini merupakan ungkapan rasa syukur masyarakat Riau sekaligus berharap agar Komjen Pol Gatot Eddy Pramono yang baru dilantik sebagai Wakapolri itu dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya," papar Al Azhar. (MCR/mtr)

Berita Terkait