Sabtu, 14 Zulqaidah 1441 H | 04 Juli 2020

Info

 

PEKANBARU - Mahasiswa asal Provinsi Riau yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Riau Universitas Indonesia (IMR-UI) kembali melanjutkan roadshow Universitas Indonesia Goes To Riau (UIGTR) 2020. Di mana, kegiatan ini memiliki tujuan mulia untuk memberikan motivasi dan sosialisasi kepada siswa SMA kelas XII di Riau.

Kali ini, IMR-UI mengunjungi empat sekolah di Kabupaten Siak, diantaranya adalah SMAN 1 Tualang, SMAN 5 Tualang, MAN IC Siak, dan SMAN 3 Tualang.

Kedatangan mereka disambut antusias ratusan siswa yang ingin mengetahui lebih mengenai mekanisme penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri, terutama UI.

Anggota IMR-UI, Riska Alfianti menjelaskan bahwa, organisasi IMR-UI ini nantinya akan membantu mahasiswa baru dari Riau untuk beradaptasi dengan suasana kehidupan dan perkuliahan di Kampus UI, Depok.

"Jadi, mahasiswa baru nantinya tidak perlu takut berada di perantauan karena kakak-kakaknya dari IMR-UI akan memberi informasi yang mereka perlukan, seperti asrama, kos, hal akademis, biaya hidup, dan lain-lain," jata Riska kepada mediacenter.riau.go.id di Pekanbaru, Sabtu (11/1/2020).

Di tempat yang sama, Samuel Parningotan S, yang juga anggota IMR-UI ini mengajak siswa di empat sekolah tersebut untuk memilih UI dengan menjelaskan berbagai prestasi, fasilitas lengkap yang ada di UI, serta lulusan-lulusan dari UI yang menjadi orang terkenal seperti Raditya Dika, Najwa Shihab, Andovi dan Jovial, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan alumni lainnya yang sukses dalam hidupnya.

Pemuda yang akrab disapa Samuel ini menekankan bahwa tidak perlu khawatir terkait biaya kuliah di UI karena dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial keluarga melalui Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) dan beasiswa yang ditawarkan di UI.

"UI punya komitmen, yaitu mahasiswa S1 reguler tidak akan dikeluarkan karena masalah biaya dan akan dicarikan jalan keluarnya," ujarnya dengan yakin.

Kemudian, sosialisasi dilanjutkan oleh Gaizka Ghifari Nasution yang menjelaskan mengenai jalur masuk UI maupun pilihan program pendidikan yang ada di UI dimana terdapat 6 jalur penerimaan mahasiswa baru UI, yaitu, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar Universitas Indonesia (PPKB UI), Talent Scouting, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI). Sedangkan program pendidikan di UI terbagi empat, yaitu S1 Reguler, S1 Paralel, S1 Kelas Khusus Internasional, dan D3 Vokasi.

"Untuk yang ingin ikut SIMAK UI, ujiannya diadakan tanggal 12 Juli 2020 di Pekanbaru," kata pemuda yang sehari-harinya dipanggil Giga ini.

Selanjutnya, sosialisasi ditutup oleh Kevin Ramadhan dan Al Hadi yang memberikan motivasi kepada siswa-siswa di SMAN 5 Tualang agar dapat yakin dan percaya diri dalam menetukan pilihan. Mereka juga menceritakan pengalaman mereka berjuang selama berbulan-bulan hingga diterima menjadi mahasiswa UI. Siswa yang mendengar cerita mereka menyimak dengan seksama cerita dari mereka. Al Hadi menekankan pentingnya berdoa kepada tuhan, meminta restu orang tua, dan usaha yang maksimal agar impian siswa untuk dapat diterima menjadi mahasiswa UI menjadi kenyataan.

Salah satu siswa MAN IC Siak, Annisa, berterimakasih kepada IMR-UI yang sudah mengunjungi sekolahnya dan memberikan informasi serta motivasi kepada ia dan teman-temannya yang saat ini sedang berjuang di bangku kelas XII.

"Terima kasih atas kedatangannya kakak-kakak IMR-UI, kami menjadi lebih tau tentang jalur penerimaannya dan semoga kami bisa diterima di UI," ungkapnya. 

Di akhir sosialisasi, anggota IMR-UI, Indah Sari Budi Ghafara menambahkan bahwa ia berharap kedatangannya bersama teman-temannya memberi efek positif dan kunjungan ini konsisten dilaksanakan tiap tahunnya. Setelah agenda roadshow ini, IMR-UI akan mengadakan tryout SBMPTN di SMAN 8 Pekanbaru pada hari Minggu, 12 Januari 2020 jam 07.00 WIB untuk membantu siswa mempersiapkan diri mereka menghadapi SBMPTN.

"Try out ini bisa dijadikan ajang pemanasan bagi adik-adik kita, juga harga tiketnya hanya Rp35.000 bisa didapatkan langsung di SMAN 8 saat hari try out," ujar Indah. (Mcr/rat)

Video

Update Covid-19 ( 2 Juli 2020 ) di Provinsi Riau

Updet Covid-19 ( 1 Juli 2020 ) di Provinsi Riau

Update Covid-19 (29 Juni 2020) di Provinsi Riau

Berita Terkait