Rabu, 5 Jumadil Akhir 1441 H | 29 Januari 2020

Info

PEKANBARU - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Wilayah (Kanwil) Provinsi Riau, sosialisasikan percepatan penyelesaian kegiatan Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) di Provinsi Riau tahun 2020.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Daerah Balai Serindit Provinsi Riau tersebut turut hadir oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Kepala BPN Kanwil Riau M Syahrir, Kepala OPD Pemprov Riau, Bupati/walikota se Provinsi Riau, perwakilan Kejati Riau, perwakilan Danlanud, perwakilan Kapolda Riau, serta kepala DPRD Provinsi Riau.

Kepala BPN Kanwil Riau M Syahrir, menyebutkan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk mendapatkan dukungan pemerintah, baik tingkat provinsi maupun daerah dalam rangka percepatan TORA di Riau.

Jelasnya, masih banyak tanah di daerah Riau yang belum memiliki sertifikat, termasuk aset milik pemerintah sendiri. Untuk itu melalui sosialisasi ini, ia berharap seluruh tanah dan aset yang ada segera diurus sertifikatnya.

"Rata-rata yang bersertifikat baru 37%, masih banyak tugas kita bersama supaya tanah di Riau bersertifikat semua. Makanya kita sosialisasikan supaya lebih menjangkau ke seluruh daerah di Riau," sebutnya, Senin (14/01).

Lanjut Syahrir, TORA sendiri merupakan program pemerintah pusat untuk memberikan sertifikat tanah kepada seluruh masyarakat yang memiliki tanah tapi belum bersertifikat. Sehingga nantinya, program tersebut dapat menjangkau pemerataan ekonomi Riau yang berkeadilan.

Syahrir berharap, adanya sosialisasi di lingkungan pemerintah se Provinsi Riau ini mampu mencapai target dalam pembagian sertifikat tanah yang tengah digalakkan BPN.

"Semoga ini semua dapat terwujud, dana sudah ada, pemerintah pusat juga dukung. Tinggal bagaimana kita merealisasikannya," tutupnya. (MCR/IP)

Berita Terkait