Selasa, 27 Jumadil Awwal 1441 H | 21 Januari 2020

Info

PEKANBARU - Ketua Umum DPP Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas) Riau, Rahmatullah, menyebutkan bahwa era digital menjadi tantangan tersendiri bagi para kontraktor di Provinsi Riau. Pasalnya, pada saat sekarang ini banyak pekerjaan rutin manusia sudah bisa dilakukan oleh sistem buatan yang melebihi kemampuan manusia pada umumnya.

Hal tersebut disampaikan Rahmatullah, saat memberikan kata sambutan dalam acara simposium Askonas Riau, yang berlangsung di SKA Co-EX Pekanbaru, Selasa (14/01).

"Tidak ada sektor yang tidak tersentuh oleh digital, termasuk jasa konstruksi. Makanya kita perlu penyesuaian dan skill yang lebih," katanya.

Ia melanjutkan, jika para pelaku usaha konstruksi bisa memanfaatkan digital dengan sebaik mungkin, maka ia akan mampu mengikuti perkembangan zaman dan tetap eksis hingga sampai kapanpun. Namun jika sebaliknya, apabila tidak mampu, sudah dapat dipastikan akan terseret arus dan tertinggal oleh kemajuan teknologi.

"Kita sekarang tidak lagi bersaing antara kontraktor kabupaten dengan kota, bukan juga antar provinsi dan antar pulau, tapi kota bersaing secara dunia. Kalau tidak ingin ketinggalan, ya harus berani mengambil resiko dan keluar dari garisnya," terang Rahmatullah.

Tambahnya, sangat banyak pengusaha yang bergerak dibidang jasa konstruksi, namun hanya 20% dari kontraktor kelas menengah yang mendapatkan bagian dalam pembangunan.

Oleh sebab itu ia menekankan, melalui Askonas ini akan mendongkrak pengusaha daerah untuk mampu bersaing di tingkat nasional bahkan dunia, sehingga pekerja lokal dapat terus terpakai.

"Pekerja luar negeri itu cepat geraknya, kerjanya juga lebih cepat selesai jadi kalau kita tidak cepat, kita akan tertinggal. Itulah digital," ucapnya.

Rahmatullah juga menegaskan, kalau anggota Askonas mampu membangun kelebihan serta jujur dalam bekerja, maka tidak akan ada yang mampu dikalahkan oleh keadaan.

"Kalau kita jujur, menjelaskan keadaan yang sebenarnya dan terus memperbaiki diri, tentu kita akan mampu menjawab tantangan zaman," paparnya. (MCR/IP)

Berita Terkait