Rabu, 5 Jumadil Akhir 1441 H | 29 Januari 2020

Info

BENGKALIS - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (Unri) menciptakan inovasi minuman baru bagi Desa Tanjung Belit, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, Riau, yaitu berupa daun teh yang berasal dari daun sirsak. Ide ini berawal saat mahasiswa kukerta Unri ini melihat potensi desa yang memiliki banyak pohon sirsak tertanam di sepanjang bahu jalan desa tersebut.

Kepala Desa Tanjung Belit, Joko Margono mengatakan, bahwa penanaman pohon sirsak di sepanjang bahu jalan ini merupakan usaha desa dalam menciptakan lingkungan yang sejuk dan juga nyaman dan pohon yang ditanam juga bisa bermanfaat bagi masyarakat desa.

"Inovasi yang dilakukan mahasiswa Kukerta UNRI dalam pembuatan Teh Daun Sirsak sangat bermanfaat dalam meningkatkan potensi usaha kecil yang dapat dilakukan oleh masyarakat. Inilah yang kami harapkan dari mahasiswa yaitu dapat memberikan pengaruh positif bagi masyarakat, serta dapat meningkatkan aspek ekonomi di desa ini," kata Joko kepada mediacenter.riau.go.id di Pekanbaru, Rabu (15/1/2020).

Sementara itu, Ketua Tim Kukerta Unri Desa Tanjung Belit, Hendro Ekwarso mengaku bangga dengan inovasi yang dilakukan mahasiswanya.

"Teh daun sirsak merupakan inovasi yang dapat berdampak banyak bagi masyarakat, hal ini tidak hanya berdampak pada bidang ekonomi namun juga dapat membuka pikiran masyarakat sekitar untuk lebih kreatif dalam berinovasi dengan hal-hal kecil disekitar kita," kata Hendro Ekwarso.

Yang mana, cara pembuatan teh daun sirsak sangat mudah dilakukan, yaitu dengan melakukan pencucian daun sirsak yang telah dipetik, memotong daun menjadi ukuran lebih kecil, dan yang terakhir menjemur daun tersebut hingga kering. Teh ini juga baik untuk kesehatan, beberapa manfaatnya yaitu dapat mengobati asam urat, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan kesuburan. (Mcr/rat)

Berita Terkait