Jumat, 18 Sya'ban 1441 H | 10 April 2020

Info

TELUK KUANTAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuantan Singingi menyatakan hingga saat ini belum ada satupun bakal calon pasangan (Bapaslon) Bupati-wakil Bupati jalur perseorangan yang menyerahkan mandat Liaison Officer (LO) kepada KPU.

"Hingga saat ini belum ada yang menyerahkan mandat LO ke KPU," kata Ketua KPU Kuansing Irwan Yuhendi kepada wartawan di Kantor KPU, Rabu (15/1/2020).

Oleh karena itu, katanya, Bapasalon jalur perseorangan yang hendak maju diharapakan segera menyerahkan mandat LO kepada pihak KPU.

Di kesempatan yang sama, Komisioner KPU Kuansing Ahdanan menambahkan, Bapaslon perseorangan diharap agar segera melaporkan dan menyerahkan mandat LO-nya ke KPU Kuansing.

Pasalnya lanjut Ahdanan, KPU perlu memberikan pemahaman awal terkait aplikasi yang akan dipakai dalam menginput nama-nama masyarakat yang mendukung dan segera diberikan user oleh KPU Kuansing.

"Jadi setelah memberikan mandat LO, dilatih dulu karena menggunakan sistem aplikasi. Untuk saat ini, tahapannya baru penggalangan dukungan," katanya.

Mengingat jadwal pemasukan dokumen syarat dukungan Bapaslon yang tidak lama lagi, yakni tanggal 19–23 Februari, maka KPU sangat berharap hal ini jadi perhatian para Bapaslon jalur perseorangan.

"Yang koordinasi ada, baru satu tim. Tapi baru sebatas konsultasi, yang menyerahkan mandat LO belum ada," katanya.

Lanjut Ahdanan, penginputan sudah harus dimulai dari sekarang, oleh para bakal calon yang akan maju melalui jalur ini. Agar menjelang batas waktu nantinya tidak ada lagi yang dikembalikan berkasnya untuk perbaikan. 

"Kalau kurang KTP nanti, harus dilengkapi dua kali lipat dari kekurangan itu," katanya.

Ia juga menerangkan, berkas dukungan pasangan bakal calon perseorangan paling minimal berjumlah 22.490 salinan KTP Elektronik dari total DPT (Daftar Pemilih Tetap). 

Sementara sebaran berkas dukungan paling minim di delapan kecamatan. 

"Kalau mau aman serahkan lebih, misal 24 ribu atau 25 ribu. Makanya kami juga berharap agar para Bapaslon tidak dikejar deadline waktu yang tidak lama itu,” ujarnya. (MCR/US)

Video

Ucapan Terima Kasih Gubernur Riau Kepada Insan Pers

Dari Gubernur Riau Untuk Tenaga Pendidik

Update Corona Provinsi Riau || 4 April 2020

Berita Terkait