Rabu, 26 Jumadil Akhir 1441 H | 19 Februari 2020

Info

Konsulat Jenderal (Konjen) India, yang berkedudukan di Medan, Sumatera Utara, Raghu Gururaj

PEKANBARU - Konsulat Jenderal (Konjen) India, yang berkedudukan di Medan, Sumatera Utara, Raghu Gururaj, menyebutkan bahwa pemerintahan India telah mempersiapkan beasiswa bagi masyarakat Indonesia khususnya Riau yang ingin menambah ilmu pengetahuan  di negara India.

Ia menjelaskan, setiap tahunnya, Pemerintah India mempersiapkan lebih dari 200 program dan pelatihan di berbagai bidang yang diperuntukkan bagi penduduk Indonesia yang ingin belajar di India.

Pemaparan tersebut disampaikan Konjen India Raghu Gururaj kepada Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, saat berkunjung ke kediaman Gubri, Jumat (17/01).

"Ini programnya bisa dipilih, tergantung minatnya dimana. Bisa juga diikuti oleh para ASN," katanya.

Raghu Gururaj menambahkan, dalam mengikuti beasiswa ini harus profesional. Pelamar harus memiliki surat rekomendasi dari pemerintah dan mengisi data secara online.

Menanggapi hal tersebut, Gubri menyarankan agar pihak Konjen India menyurati Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Dengan tujuan supaya terlihat jelas gambaran berapa orang yang dibutuhkannya, akan berkuliah dimana dan informasi lainnya terkait program tersebut.

"Kalau jelas ada suratnya kan bisa kita kirim anak Riau, kita minta surati aja ke pemprov jadi semua bisa dipersiapkan," jelasnya.

Syamsuar berharap, adanya program seperti ini dapat dimanfaatkan Riau dengan sebaik mungkin, sehingga skill masyarakat Riau semakin bertambah dan berguna bagi kemajuan Riau kedepannya.

"Program ini sangat bagus sekali, kita berharap nanti bisa kita manfaatkan dengan sebaik mungkin," ujar Mantan Bupati Siak ini. (MCR/IP)

Berita Terkait