Selasa, 5 Safar 1442 H | 22 September 2020

Info

Bupati Siak, Alfedri menandatangani serah terima program BSPS untuk 50 rumah masyarakat Sungai Mandau.

SIAK - Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2019 untuk 50 rumah di kampung Muara Kelantan dan Sungai Selodang, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Riau tuntas dikerjakan. 

Pemilik rumah sudah dapat menempati rumah yang dibedah atau renovasi dari anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu, setelah diserahterimakan oleh Bupati Siak bertepatan dengan acara pisah sambut Camat Sungai Mandau yang lama, Novendra Kasmara kepada Yudha Rajasa, Jumat (17/1/2020) di halaman Kantor Camat Sungai Mandau. 

Program yang hampir sama dengan bedah rumah ini kriteria yang layak mendapatkannya yaitu rumah yang atapnya sudah rapuh, jebol, bocor, sehingga membahayakan penghuni. 

Selanjutnya rangka rumah atau dinding rusak atau tidak layak, lantai masih tanah, pencahayaan dan sirkulasi udara buruk, tidak ada MCK dan tempat pembuangan sampah.

"Prinsip kerjanya gotong royong, jadi penerima bantuan bedah rumah ini secara swadaya dengan masyarakat mengerjakan renovasi rumahnya," kata Bupati Siak, Alfedri pada kesempatan itu. 

Masih dikatakan Alfedri, bantuan bedah rumah ini dikhususkan untuk warga penghasilan pas-pasan atau kurang mampu. Bantuan ini bisa dalam bentuk uang maupun bahan-bahan bangunan.

"Jika diberikan dalam bentuk uang, digunakan untuk membeli bahan-bahan bangunan dan membayar upah tukang. Sejumlah kampung di Kecamatan lainnya juga ada yang mendapat program bantuan bedah rumah ini," sebutnya lagi. 

Alfedri juga berpesan kepada Camat yang baru agar dapat bekerja dengan baik dan terus mengukir prestasi seperti Camat Sungai Mandau sebelumnya. 

"Terima kasih kepada Camat lama yang telah bekerja dengan baik selama bertugas. Saya punya harapan Camat yang baru dapat bersinergi dengan Pemerintah Desa khususnya dalam mengimplementasikan program yang sudah terlaksana," tuturnya lagi.

Sebagai Camat Sungai Mandau sejak 2017 silam, Novendra mengaku sangat berat berpisah dengan masyarakat di sana. Apalagi selama menjabat Camat, masyarakat sangat banyak membantunya dalam memajukan daerah hingga meraih Kecamatan terbaik se Riau.

"Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya saya sampaikan kepada seluruh masyarakat Sungai Mandau yang selama ini telah bersama-sama mendukung program pemerintah, mohon maaf kalau selama ini ada kesalahan selama kami memimpin,” ucapnya dengan isak tangis.

Sementara itu, Yudha Rajasa selaku Camat baru mengharapkan dukungan dan kerja sama dari seluruh Kepala Desa, tokoh masyarakat dan elemen yang ada di Kecamatan Sungai Mandau.

“Selaku perpanjangan tangan dari Bupati, kami tidak bisa berbuat apa-apa tanpa dukungan dari seluruh pihak, oleh karena itu mari kita bersinergi dan membangun Sungai Mandau agar lebih baik kedepan," harapnya. (MCR/IW)

Video

Gubernur Corner (19 September 2020)

Rapat Koordinasi Bersama Forkopimda Riau Dan Wali Kota Pekanbaru Membahas Tentang PSBM

Konferensi Pers Gubernur Riau dan Walikota Pekanbaru Terkait Pelaksanaan PSBM di Kota Pekanbaru

Berita Terkait