Rabu, 26 Jumadil Akhir 1441 H | 19 Februari 2020

Info

Kepala Dipora Riau Doni Aprialdi mendampingi investor Singapura melihat Stadion Utama Riau.

PEKANBARU - Provinsi Riau, siap menjadi tuan rumah penyelengaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021. Hal itu seiring dengan dilakukannya perbaikan Stadion Utama Riau yang terletak di Jalan SM Amin, Pekanbaru. Perbaikan itu sendiri akan dimulai pertengahan tahun 2020.

Bantuan perbaikan ini dikatakan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Riau, Doni Aprialdi, merupakan perjuangan panjang yang dilakukan Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edy Nasution.

"Tahun ini akan diperbaiki melalui bantuan pihak swasta, yakni RAPP. Sehingga pertengahan tahun sudah bisa digunakan," kata Doni, Minggu (19/1/2020).

Sambung Doni, yang diperbaiki, yakni bagian luar dan dalam stadion, salah satunya seperti lampu, sound, timer dan pengecatan luar dan dalam gedung, serta rumput akan diganti dengan yang lebih bagus.

"Pertengahan 2020, Stadion Utama Riau sudah bisa dipakai. Sehingga sudah bisa fungsional. Sebab ini merupakan saalah satu bagian dari upaya percepatan investasi yang akan dilakukan Singapura terhadap stadion ini," ungkap Doni.

Sebelum investor Singapura menanamkan investasinya di Stadion Utama Riau, dikatakan Doni, lebih dulu dilakukan perbaikan. Dengan adanya investor yang mau investasi terhadap Stadion Utama Riau, diharapkan stadion ini tak lagi menjadi beban APBD dan dapat menghasilkan PAD.

"Investor dari Singapura akan menyewa stadion ini. Itu makanya ada MoU yang ditandatangani Pak Gubernur Syamsuar dengan investor Singapura. Dampaknya stadion ini bisa digunakan sebagai tuan rumah helat U-20 tahun 2021," ujar Doni.

Doni juga mengatakan, ada beberapa pasal dalam Perda yang harus diubah dan disetujui oleh DPRD Riau. Bagusnya Stadion Utama Riau, berdampak pada perekonomian masyarakat dan bisa menjadi destinasi wisata. Sebab, keindahan stadion ini tak kalah dari stadion lainnya yang ada di Indonesia.

"Investor yang ingin investasi di Stadion Utama Riau, ingin pemain kelas dunia bisa merumput di sini. Juga menjadi tuan rumah pertandingan U-20 tahun 2021 yang akan datang," jelas Doni.

Kemarin, Doni mendampingi investor dari Singapura Mr Nazar Isyam, mantan pemain De Santos Brazil MrAlberto Aragao Neneca, Mr Naza dari Malaysia dan Mr Syarif dari Indonesia, melihat kemegahan Stadion Utama Riau di Bumi Lancang Kuning. (MCR/eL)

Berita Terkait