Ahad, 10 Safar 1442 H | 27 September 2020

Info

SIAK - Warga Siak terlihat sangat antusias menjadi petugas Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Siak. Sebab baru tiga hari pendaftaran dibuka, pelamarnya sudah mencapai 90 orang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siak, Ahmad Rizal mengatakan berdasarkan data yang masuk, sejak dibuka 18 Januari lalu, sudah 90 orang yang mendaftar jadi petugas Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) ini.  

"Pendaftaran akan ditutup Jumat (24/1) nanti, kita yakin jumlah pelamar ini akan terus bertambah lagi menjelang hari itu," kata Ahmad, Selasa (21/1/2020).

Ahmad kembali menjelaskan, jumlah pendaftar calon anggota PPK di setiap kecamatan rata-rata 8 orang. Namun, yang akan diambil menjadi anggota PPK hanya 5 orang per kecamatan.

"Jadi bagi masyarakat yang belum mendaftar, masih ada kesempatan tiga hari lagi. Untuk persyaratan, pelamar berusia minimal 17 tahun dan tidak menjadi anggota partai politik dengan melampirkan surat pernyataan," katanya.

Masih dikatakan Ahmad, yang paling terpenting itu, petugas PPK ini berdomisili dalam wilayah kerja PPK setempat, bebas dari penyalahgunaan narkotika dan berpendidikan paling rendah SMA sederajat.

"Para pendaftar juga harus melampirkan surat putusan pengadilan kalau dia tidak pernah dipidana penjara. Setelah proses pendaftaran rampung, pada 30 Januari bakal dilakukan tes tertulis manual, tidak sistem Computer Assisted Test (CAT)," imbuhnya lagi.

Mengenai lokasi tes tertulis, Ahmad menjelaskan, akan dilakukan di enam lokasi. Peserta dari Kecamatan Dayun, Koto Gasib dan Kerinci Kanan, tesnya di wilayah Kecamatan Lubuk Dalam.

Lalu peserta dari Sungai Mandau dan Minas, tesnya di wilayah Kecamatan Tualang. Sementara untuk peserta Kecamatan Bungaraya dan Mempura, tesnya di Kecamatan Siak. Peserta dari Kecamatan Pusako dan Sabak Auh, tesnya di Kecamatan Sungai Apit.

"Hanya peserta dari Kecamatan Kandis yang tesnya tetap di daerah itu. Usai tes tertulis, tanggal 8 Februari akan dilakukan wawancara. Itu bagi peserta yang lolos di tes tertulis. Tanggal 13 Februari, bakal diumumkan peserta yang lolos menjadi PPK Pilkada Siak 2020," tutur Ahmad. (MCR/IW)

Video

Pengarahan Gubernur Riau Mengenai Penanganan Covid-19

Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 Bersama Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Se Provinsi Riau

Gubernur Corner (19 September 2020)

Berita Terkait