Jumat, 8 Safar 1442 H | 25 September 2020

Info

A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

PEKANBARU - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memerlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat, termasuk Satuan Pengamanan (Satpam) yang hari ini merayakan ke-39 hari ulang tahunnya. 

Satpam disebut profesi luhur. Dimana dalam mengemban tugas dan fungsi kepolisian yang terbatas pada lingkungan kerjanya, membutuhkan kehadiran Satpam dalam hal Pengamaman Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). 

"Kehadiran Satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, dituntut semakin profesional. Kehadiran Satpam tentunya sangat dibutuhkan, ditengah keterbatasan Polri," kata Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat membacakan sambutan tertulis Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz, di Halaman Kantor Gubernur Riau, Rabu (22/1/20).

Lanjut Kapolda, dalam implementasinya, personel satuan pengamanan harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan. Kemudian melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkannya kepada pihak kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi.

Karena itu, untuk mewujudkannya diperlukan sistem manajemen sumber daya manusia yang optimal. Kemudian senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan yang sebagai landasan moril dalam mengemban amanah profesional, termasuk berpegang teguh pada kode etik dan profesi Satpam dalam melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Pada kesempatan ini, Kapolda juga mengucapkan atas perayaan ke-39 HUT Satpam. Melalui momentum ini diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi terhadap eksistensi dan kinerja satuan pengamanan, guna pembenahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas di masa yang akan datang. (MCR/mtr)

Video

Pengarahan Gubernur Riau Mengenai Penanganan Covid-19

Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 Bersama Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Se Provinsi Riau

Gubernur Corner (19 September 2020)

Berita Terkait