Selasa, 25 Jumadil Akhir 1441 H | 18 Februari 2020

Info

PEKANBARU - Balai Besar KSDA Riau memasang kerangkeng guna menangkap Beruang Madu yang berkeliaran di pemukiman warga di Jalan Abdul Rab Khan, RT 15 KM  3 Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan.

Kepala Bidang KSDA Wilayah 2, Heru Sutmantoro segera  menurunkan tim agar segera menindaklanjuti informasi tersebut dan langsung melakukan pengecekan lokasi, serta berkoordinasi dengan Lurah Bukit Timah dan Ketua RT.15, Selasa (21/1/2020).

Tim kemudian menelusuri pemukiman dan masuk ke semak belukar, di mana di lokasi tersebut juga terdapat tanaman sawit dan kelapa. Saat itu selintas Tim melihat 1 ekor Beruang madu yang dengan cepat bersembunyi di balik pepohonan.

"Pengusiran pun segera dilakukan dengan menggunakan mercon namun beruang tersebut masih bertahan di lokasi," terangnya.

Tanpa menyerah, tambahnya, tim dibantu warga RT. 15, Lurah Bukit Timah,  Manggala Agni Daops Dumai serta masyarakat yang lain segera memasang kerangkeng di sekitar Beruang dan memberinya umpan seperti minyak jelantah, buah cempedak, rambutan, serta sarden di dalam dan sekitar Kerangkeng.

Heru mengimbau kepada masyarakat agar berhati hati dan waspada serta jangan melakukan penjeratan atau penembakan terhadap satwa  tersebut dikarena satwa Beruang merupakan salah satu satwa yang dilindungi Undang Undang No. 5 Tahun 1990 tentang KSDAE.

"Saat ini Tim dan warga RT.15 serta masyakat sekitar masih memantau keberadaan satwa di lokasi," katanya.(MCR/mtr)

Berita Terkait