Rabu, 26 Jumadil Akhir 1441 H | 19 Februari 2020

Info

Masyarakat Sabak Auh, Kabupaten Siak mengikuti sosialisasi program PTSL. 

SIAK - Saat ini Pemkab Siak tengah gencarnya melakukan sosialisasi Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada masyarakat. Dengan tujuan mengedukasi masyarakat akan pentingnya mensertifikatkan tanah pribadi. 

Untuk yang kedua kalinya, setelah di Kecamatan Koto Gasib, sosialisasi ini berlanjut dilakukan di Kecamatan Sabak Auh, Selasa (21/1/2020) lalu. Dimana, Bupati Siak Alfedri langsung yang datang membuka acara tersebut. 

Selain masyarakat, para penghulu dan juga Camat Sabak Auh tampak hadir bersama-sama dalam acara yang berlangsung di Aula Kantor Camat Sabak Auh, untuk mendapatkan informasi penting tentang program PTSL ini. 

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Badan Pertahanan Nasional Kabupaten Siak Slamet Sutrisno menjelaskan, bahwa Program PTSL memiliki manfaat yang sangat penting. 

Kenapa demikian, karena dapat menjamin kepastian hukum terhadap hak tanah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi potensi terjadinya sengketa tanah, serta mempermudah rencana pembangunan Pemerintah Daerah. 

"Dengan adanya sertifikat tanah yang telah diterbitkan tersebut, jika ibu bapak ingin ke jaminan tanah tersebut untuk kepentingan usaha, akan lebih mudah karna sertifikatnya telah terjamin," kata Slamet, Rabu (22/1/2020).

Hal serupa juga disampaikan Bupati Siak, Alfedri. Jika kemudian hari pemerintah berencana untuk membangun sesuatu, akan mudah mencari siapa pemilik tanah yang akan terkena pembangunan tersebut.

"Karena berdasarkan sertifikat dari PTSL tanahnya sudah terpetakan, jadi akan sangat membantu. Makanya melalui sosialisasi ini masyarakat kita edukasi tentang pentingnya program PTSL ini," imbuh Bupati. 

Camat Sabak Auh Tengku Mukhtasar juga sangat mendukung program strategis nasional, yang sertifikatnya telah dibagikan ke masyarakat di beberapa daerah di luar Kabupaten Siak. (MCR/IW)

Berita Terkait