Selasa, 25 Jumadil Akhir 1441 H | 18 Februari 2020

Info

PEKANBARU - Dari empat lokasi persimpangan yang telah terpasang  Inteligent Transport Sistem (ITS) dengan pengeras suara, diperkirakan sudah puluhan pengendara yang terekam melanggar aturan. Hal tersebut dikatakan, Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso melalui Kasi Rekayasa dan Fasilititas Jalan  Dishub, Sarwono, Rabu (22/1).

"Sekarang sudah ada empat simpang yang menggunakan ITS dengan temuan pelanggaran mencapai puluhan pengendara,"ujarnya.

Ia menuturkan, empat titik tersebut berada di Simpang Jalan Gajah Mada-Diponegoro, Gajah Mada-Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Jenderal Sudirman-Tuanku Tambusai, dan Jalan Sudirman-Harapan Raya.

Dijelaskannya, puluhan pelanggaran yang dilakukan pengendara, rata-rata pelanggaran terjadi karena pengendara yang berhenti di garis zebra cros atau melewati batas pemberhentian kendaraan. Adapula yang tidak menggunakan helm, dan pengendara roda empat yang tidak menggunakan safety belt.

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini pihaknya belum dapat melakukan penindakan. Untuk penindakan akan dilimpahkan ke pihak Satlantas Polresta Pekanbaru. Antara Dishub dan Satlantas Polresta Pekanbaru masih merumuskan terkait teknis penindakan yang akan diterapkan pada para pelanggar lalu lintas tersebut.

"Sekarang masih bersifat himbauan. Untuk penindakan masih dalam perumusan,"terangnya. (MCR/DI)

Berita Terkait