Selasa, 25 Jumadil Akhir 1441 H | 18 Februari 2020

Info

Presiden Jokowi saat meninjau kebakaran lahan di Riau tahun lalu.

PEKANBARU - Sejumlah cara dilakukan Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam untuk memotivasi jajarannya melakukan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Irjen Pol Agung berjanji akan memberikan penghargaan bagi jajarannya yang mampu menekan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Bumi Lancang Kuning.

Agung menyebutkan, hadiah itu diberikan kepada jajarannya yang rajin patroli dan cepat mengatasi apabila terjadi Karhutla di wilayah masing-masing. Tentunya dengan syarat yang telah ditentukan.

"Saya akan beri reward bagi anggota, 10 kali ke lokasi kebakaran, untuk yang mencapai 30 kali bahkan lebih yang dibuktikan dari aplikasi Lancang Kuning yang digunakan untuk memantau Karhutla. Itu dapat pin emas dari saya sebagai penghargaan atas kerja keras mereka," kata Agung, Rabu (22/1/2020) malam.

Tidak hanya anggota kepolisian atau jajaran Polda Riau yang bisa mendapatkan penghargaan dari Kapolda. Penghargaan juga akan diberikan kepada masyarakat yang aktif menjadi relawan pemadam Karhutla.

"Tidak hanya anggota, termasuk relawan pemadaman Karhutla juga bisa dapat. Namun jika ada pejabat atau jajaran dari Polda Riau yang kedapatan lalai maka akan diberikan sanksi tegas," tutup Agung.

Ucapan itu sudah dibuktikan Agung. Terakhir, jenderal bintang dua itu telah mencopot jabatan Kapolsek Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan karena lalai menangani Karhutla di daerah hukumnya.

Membebaskan Provinsi Riau dari kabut asap yang hampir terjadi tiap tahun akibat Karhutla menjadi prioritas Kapolda Riau. Tindakan-tindakan preventif dan represif telah dilakukan agar niatan itu tercapai.

Penanganan Karhutla dilakukan secara komprehensif melalui upaya pencegahan, yakni dengan cara mendeteksi secara dini kerawanan timbulnya kebakaran. Kesadaran dan peran serta masyarakat untuk andil secara aktif dan proaktif dalam melakukan pencegahan Karhutla juga sangat dibutuhkan.(MC Riau/yan)

Berita Terkait