Selasa, 14 Zulqaidah 1445 H | 21 Mei 2024

PELALAWAN - Ibu Kota Kabuaten Pelalawan, Riau, Pangkalan Kerinci, saat ini membutuhkan penambahan Pusat Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat terutama ibu hamil dan balita.

"Setidaknya, masih dibutuhkan 50 Posyandu lagi dari 30 Posyandu yang sudah ada. Untuk itu, guna meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya kecamatan Pangkalan Kerinci, pihaknya mengharapkan adanya penambahan posyandu dari pemerintah  kabupaten (Pemkab) Pelalawan," kata Kepala Puskesmas Berseri Pangkalan Kerinci Drg Erlinda, Minggu (4/5) di Pangkalan Kerinci.

Apalagi tahun 2014 ini, ungkap Erlinda, ada sekitar 9000 balita yang menjadi program Posyandu yang seharusnya idealnya sebuah posyandu melayani 100 bayi balita.

" Namun, dengan kekurangan yang ada saat ini, menyebabkan program Posyandu tersebut belum dapat tercapai akibat masih belum maksimalnya pelayanan dari posyandu yang ideal," tegasnya.
 
Disinggung terkait kendala yang dialami pihaknya, dokter gigi yang akrab disapa Olin ini menjelaskan, bahwa saat ini peran serta masyarakat untuk menyediakan tempat pelaksanaan sarana fasilitas dinilai masih sangat kurang.
 
"Tentunya kami dari Puskesmas yang siap melakukan pelatihan kader lainnya berharap peran serta masyarakat. Untuk itu, para warga, RT dan RW agar dapat menyediakan fasilitas tempat Posyandu ini, meski hanya di teras rumah misalnya sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Posyandu melayani ibu hamil dan balita," tandasnya seraya berharap.

Dan yang paling terpenting, sambung Olin, tentunya sangat diharapkan adanya kaum Hawa khususnya para ibu-ibu yang secara sukarela dapat menjadi kader Posyandu.

"Kader ini kan tidak digaji, namun sangat besar harapan kami ada ibu-ibu secara sukarela menjadi kader, kan tugasnya juga sangat mulia. Dan kita juga pastinya selalu menyediakan tenaga kesehatan untuk membimbing dan melatih para kader Posyandu ini dalam melaksanakan tugasnya," paparnya.

Para kader itu pula, sebut Kepala Puskesmas Berseri Pangkalan Kerinci ini, nantinya akan melaksanakan fungsi Posyandu membantu tumbuh kembangkan ibu dan bayi serta pemberian makanan tambahan serta banyak fungsi lainnya.
 
"Apalagi melalui Posyandu pula deteksi awal terhadap berbagai gejala penyakit yang mengancam ibu hamil dan balita. Pokoknya sangat besarlah peran Posyandu. Jadi, ayo- ayo ke Posyandu dan sediakan tempat para kader untuk melayani ibu hamil dan bayi balita kita," pungkasnya. (MC Riau/Iin)

Info Lainnya

info riau sepekan 1

Info Riau

Berita & Info Lainnya

Podcast Dsikominfotik Riau

Gubernur Corner (29 Januari 2022)

Gubernur Corner (15 Januari 2022)

Gubernur Corner (8 Januari 2022)

Gubernur Corner 25 Desember 2021

Gubernur Corner ( 06 November 2021 )

Gubernur Corner ( 30 Oktober 2021)

Gubernur Corner

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner ( 09 Oktober 2021 )

KPU Pelalawan Distribusikan Logistik Pemilu 2024

Sabtu, 10 Februari 2024 | 22:31:24 WIB

Rumah Dinas Kadis di Pelalawan Jadi Posko Banjir

Senin, 15 Januari 2024 | 07:52:41 WIB

Ngungsi di Posko Banjir, Warga: Kami Sangat Diperhatikan

Ahad, 14 Januari 2024 | 20:25:59 WIB