Selasa, 5 Safar 1442 H | 22 September 2020

Info

PEKANBARU - Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Riau Chairul Rizki, menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Riau berkomitmen kuat untuk memberantas narkoba di daerah ini.

Hal tersebut diungkapkan Chairul Rizki saat menyampaikan kata sambutan dalam acara pelantikan pengurus Lembaga Anti Narkotika (LAN) Provinsi Riau, di Furaya Hotel Pekanbaru, Sabtu (25/1/2020).

Chairul menjelaskan, salah satu bentuk komitmen besar dari Pemprov Riau dalam mendukung pemberantasan narkoba ialah dengan memberlakukan sistem tes urine di lingkungan Pemprov Riau, sehingga bagi yang positif narkoba akan diberhentikan secara paksa.

"Wajib tes urine, baik THL maupun ASN yang ada di Pemprov Riau. Kalau ketahuan, jabatannya akan dicopot, gaji ditahan, bahkan sampai diberhentikan," ujarnya.

Selain itu, menurut Chairul, pihaknya juga telah menerapkan hukuman yang berat bagi para pengedar dan pemakai narkoba. Ia menyebutkan, salah satu bukti nyata yang terjadi di Kabupaten Bengkalis, dua orang pengedar narkoba dihukum mati oleh petugas.

Kepala Kesbangpol Riau ini menambahkan, Riau juga telah memiliki peraturan daerah yang menjerat para pelaku barang haram tersebut, dengan harapan dapat membuat para pelaku jera dan tidak lagi menyebarkan virus berbahaya tersebut di Riau. 

"Itu salah satu bentuk komitmennya kita menghukum pelaku narkoba, sehingga tidak ada lagi ampun bagi mereka," katanya.

Chairul juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama melawan narkoba sehingga Riau bisa terbebas dari narkoba.

Ia berharap, melalui banyaknya organisasi yang bergerak pada relawan anti narkoba, ke depannya membawa perubahan dalam mengurangi kasus narkoba di Riau.

"Berdasarkan instruksi presiden, kita juga telah melakukan rencana aksi tingkat nasional sehingga Riau berhasil meraih lima besar ditingkat nasional," ucapnya. (MCR/IP)

Video

Gubernur Corner (19 September 2020)

Rapat Koordinasi Bersama Forkopimda Riau Dan Wali Kota Pekanbaru Membahas Tentang PSBM

Konferensi Pers Gubernur Riau dan Walikota Pekanbaru Terkait Pelaksanaan PSBM di Kota Pekanbaru

Berita Terkait