Selasa, 25 Jumadil Akhir 1441 H | 18 Februari 2020

Info

PEKANBARU - Dalam rangka pencegahan hutan dan lahan (Karhutla) Kepolisan Daerah (Polda) Riau tengah membuat terobosan berbasis teknologi informasi bernama Teknologi Dashboard Lancang Kuning.

Itu diungkapkan Kepala Polda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat menghadiri acara Silaturrahmi Kapolda Riau dengan Wartawan di Hotel Pangeran Pekanbaru, Sabtu (25/1/2020).

Dikatakan Agung Setya aplikasi ini dirancang untuk membantu memudahkan proses pemadaman karhutla yang menjadi problema di Provisi Riau.

Lebih lanjut Kapolda menjelaskan melalui aplikasi ini masyarakat bisa mengetahui titik hotspot kemudian aplikasi ini secara langsung memberikan respon.

"Melalui aplikasi ini kita bisa tahu hostpot dan petugas yang dekat dengan titik hotspot tersebut lalu aplikasi ini langsung memberikan respon sehingga laporannya sampai kepada kami dengan cepat," jelasnya.

Mengingat saat ini titik api di Riau sudah mulai muncul, Agung mengaku ingin memadamkannya dengan gerak yang cepat salah satunya dibantu dengan aplikasi Dashboard Lancang Kuning.

Untuk diketahui, aplikasi Dashboard Lancang Kuning bukan hanya di jajaran kepolisian saja namun terintegrasi juga di Forkopimda Riau, mahasiswa, relawan-relawan dan masyarakat di Riau yang terhubung dalam aplikasi ini.

"Apabila masyarakat Provinsi Riau ingin menjadi relawan pencegahan Karhutla bisa download aplikasi untuk Android di Playstore, dengan cara cari aplikasi Lancang Kuning Monitoring lalu download dan langsung daftaran Nama, Nomor KTP, Alamat, Foto Pendaftar dan Nomor Handphone," pungkasnya. (MCR/NV).

Berita Terkait