Rabu, 6 Safar 1442 H | 23 September 2020

Info

PEKANBARU - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Perwakilan Riau Misharti, menyampaikan tiga pesan yang bisa dilakukan pemerintah atau penggiat anti narkoba dalam menangani maraknya kasus narkoba di Riau.

Hal tersebut disampaikan Misharti saat menghadiri acara pelantikan Lembaga Anti Narkotika (LAN) Provinsi Riau, yang berlangsung di Furaya Hotel Pekanbaru, Sabtu (25/1/2020).

Ia memaparkan, untuk poin pertama dari tiga pesan tersebut yaitu mengubah mindset masyarakat. Maksudnya, penggiat anti narkoba mestinya mampu mengubah persepsi masyarakat yang selalu beranggapan bahwa pelaku narkoba adalah penjahat, kemudian mengubah mindsetnya menjadi korban.

"Kalau kita beranggapan semua yang terkena kasus narkoba adalah korban, maka setiap kita akan siap mendampingi dan membimbingnya hingga sembuh kembali. Bukan malah menghujat dan menjauhi si korban," ujarnya.

Poin berikutnya, menurut Misharti yang tidak kalah penting adalah pengendalian terhadap diri sendiri untuk menjauhi narkoba atau biasa disebut preventif.

"Bukan barang baru kalau Indonesia jadi sasaran negara asing dalam pengendaraan narkoba, karena Indonesia masyarakatnya banyak dengan ilmunya yang belum mempuni. Makanya perlu penanaman dalam Pengendalian diri sendiri," katanya.

Sedangkan untuk poin terakhir, penanganan dan penindakan terhadap pelaku dan pengedar narkoba harus setimpal serta tidak ada pengecualian dalam proses hukumnya.

"Perangkat hukum tidak boleh tebang pilih, harus ditegakkan seadil-adilnya," ujarnya Misharti.

Ia berharap, ke depannya kasus narkoba di Riau bisa dikendalikan dengan sebaik mungkin, sehingga tidak lagi banyak korban dari semua lapisan masyarakat yang terjerat kasus narkoba.

"Semoga kasus narkoba bisa berkurang di Riau bahkan Riau bisa bersih dari narkoba," tutupnya. (MCR/IP)

Video

Gubernur Corner (19 September 2020)

Rapat Koordinasi Bersama Forkopimda Riau Dan Wali Kota Pekanbaru Membahas Tentang PSBM

Konferensi Pers Gubernur Riau dan Walikota Pekanbaru Terkait Pelaksanaan PSBM di Kota Pekanbaru

Berita Terkait