Rabu, 3 Ramadhan 1442 H | 14 April 2021

DUMAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai, Provinsi Riau tengah menyusun daftar pemilih sementara (DPS) untuk kepentingan pemilu presiden (Pilpres) 9 Juli mendatang.

Sekretaris Kantor KPU Dumai Zahedi kepada pers di Dumai, Selasa (6/5) menyatakan, penyusunan DPS ini merupakan penyempurnaan pemilih yang berpartisipasi hak suara saat Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April lalu.

"Saat Pileg lalu ada pemilih khusus dan yang menggunakan identitas diri, namun mereka belum terdaftar sebagai pemilih tetap, dan untuk keperluan Pilpres mendatang maka kita akan lakukan penyempurnaan pemilih," kata Zahedi.

Disamping itu, KPU juga akan mempersiapkan data pemilih sementara dari jumlah pemilih pemula yang berasal dari kalangan pelajar cukup usia 17 tahun pada 9 Juli nanti.

Proses pendataan pemilih sementara ini, lanjutnya, akan dilakukan dengan mengerahkan petugas yang ada di seluruh kelurahan dan kecamatan serta melibatkan para ketua rukun tetangga (RT).

Selain itu, KPU juga akan berkoordinasi data terkait kependudukan dengan instansi terkait, yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

"Tahapan penyusunan daftar pemilih sementara hasil perbaikan ini harus rampung hingga 17 Mei mendatang berdasarkan ketentuan yang ditetapkan," terangnya.

Selanjutnya, DPS hasil perbaikan tersebut akan diserahkan ke KPU propinsi Riau untuk dilakukan penetapan dan kemudian dilanjutkan dengan penyusunan daftar pemilih tetap (DPT).

"Saat ini kita masih fokus menyusun pemilih sementara hasil perbaikan, dan setelah itu dilanjutkan dengan tahapan berikutnya," ujarnya.

Diketahui, pada Pileg 9 April lalu, total pemilih yang terdaftar di 607 tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 204.429 peserta, gabungan dari daftar pemilih tetap (DPT) 199.134 jiwa, ditambah pemilih khusus, pemula serta yang menggunakan KTP atau KK.

"Dari data pleno yang digelar beberapa waktu lalu, partisipasi warga yang menggunakan hak pilih adalah sebanyak 136.395 orang atau sekitar 66 persen dari total jumlah daftar pemilih 204.429 jiwa," sebut Ketua KPU Dumai, Darwis. (MC Riau/ar)

Video

Gubernur Riau Melantik Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah (Wantikda) Provinsi Riau

Pelantikan Penjabat Bupati Indragiri Hulu

Gubernur Riau Tinjau Pembangunan Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Berita Terkait

Pelaku Usaha Kuliner di Dumai Semakin Tumbuh

Jumat, 02 April 2021 | 17:23:31 WIB

Dua Puskesmas di Kota Dumai Diresmikan Wamenkes RI 

Rabu, 24 Maret 2021 | 15:28:05 WIB

KPK : Korupsi Terjadi karena ada Niat dan Kesempatan

Rabu, 03 Maret 2021 | 16:53:13 WIB

Dumai Pelabuhan CPO terbesar di Dunia

Selasa, 16 Februari 2021 | 21:36:21 WIB

Duyung Ditemukan Mati di Pantai Dumai

Selasa, 09 Februari 2021 | 12:57:28 WIB