Jumat, 18 Sya'ban 1441 H | 10 April 2020

Info

Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya didampingi Plt. Kadis PUPR-Perkimtan Prov. Riau, Taufik Oesman Hamid dan Kepala Badan Penghubung Provinsi Riau, Erisman Yahya dan Kasubbid Pengelola Anjungan Riau, Zulfikar bersama Direktur Utama TMII, Tantribali Lamo bersama jajaran direksi TMII usai melakukan pertemuan di komplek Pengelola TMII, Jakarta Rabu (12/2/2020)

JAKARTA - Provinsi Riau mendapat kesempatan untuk dapat menampilkan berbagai kesenian dan kebudayaan, termasuk mempromosikan produk unggulan Riau seperti makanan, minuman maupun kerajinan khas dari bumi lancang kuning agar dikenali masyarakat luas, baik nasional maupun internasional. Soalnya pemerintah provinsi Riau ditawari menjadi tuan rumah pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ke-46 pada tahun 2021 mendatang yang akan dilaksanakan di kawasan TMII Jakarta Timur.

Artinya dengan didaulatnya menjadi sponsor dalam penyelenggaraan HUT TMII, maka provinsi Riau akan mendapat ruang lebih dominan dalam rangkaian kegiatan kesenian dan kebudayaan yang berlangsung selama sekitar seminggu. Mulai dari pakain, tarian, kuliner, pameran budaya, hingga acara pucaknya yang melibatkan seluruh provinsi di Indonesia dengan bernuansa melayu Riau.

Tawaran itu disampaikan langsung Direktur Utama TMII, Tantribali Lamo saat menerima Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Yan Prana Jaya didampingi Plt. Kadis PUPR-Perkimta Provinsi Riau, Taufik Oesman Hamid, Kepala Badan Penghubung Provinsi Riau Erisman Yahya, bersama Kasubbid Pengelola Anjungan Riau Zulfikar di Kantor Pengelola Komplek TMII Rabu (12/2/2020).

"Setiap tahun kami selalu mengajak pemerintah provinsi menjadi tuan rumah. Tahun ini (2020) adalah provinsi Sumatera Selatan. Kita minta dan berharap tahun depan 2021 Riau bisa menjadi sponsor," pinta mantan Dirjen Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Negeri itu.

Banyak keuntungan kata Tanribali Lamo yang diperoleh provinsi Riau jika bersedia mensponsori HUT TMII. Selain Riau yang memiliki banyak ragam seni dan budaya yang perlu terus dilestarikan agar tak hilang, juga momentum untuk mempromosikan sektor pariwisata dan lainya.

"Nanti bernuansa Riau selama kegiatan HUT berlangsung," tegasnya lagi.

Sekdaprov menyambut baik tawaran dari direksi TMII agar Riau dapat terlibat lebih banyak dalam penyelenggaraan HUT TMII. Apalagi Riau mendapatkan ruang sangat luas untuk mempromosikan berbagai kesenian dan kebudayaan agar dikenali masyatakat luas.

"Suatu kehormatan bagi kami. Tentu (tawaran) ini akan kami tindaklanjuti," jawabnya.

Sebelum menyetujui ataupun belum siap menerima tawaran menjadi sponsor dalam hajatan HUT TMII kata Sekdaprov nanti akan meminta kepada Badan Penghubung Provinsi Riau, bersama stafnya dan juga dinas terkait, seperti Kebudayaan dan Pariwisata untuk mengkaji lebih mendalam lagi bersama direksi TMII. Karena banyak yang perlu dipersiapkan secara matang, terutama sekali mengenai ketersediaan anggaran dan personil untuk mendukung kesuksesan Provinsi Riau menjadi ruang rumah.

"Nanti saya akan minta penjelasan lebih lanjut. Harus bertemu kembali (dinas/badan terkait) dengan pihak manajemen TMII. Jika seandainya memang memberikan bermanfaat untuk daerah tentu akan saya sampaikan kepada pak Gubernur," pungkasnya. (mcr/yudi)

Video

Ucapan Terima Kasih Gubernur Riau Kepada Insan Pers

Dari Gubernur Riau Untuk Tenaga Pendidik

Update Corona Provinsi Riau || 4 April 2020

Berita Terkait