Jumat, 10 Safar 1443 H | 17 September 2021
Riau Memiliki Pulau Terluar Yang Belum Tergarap Maksimal

PEKANBARU - Provinsi Riau mepunyai tiga pulau terluar yang belum tergarap maksimal, diantaranya Pulau Rangsang, Pulau Bengkalis dan Pulau Rupat.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar dalam acara Pertemuan Gubernur Riau dan Forkopimda Riau dengan Tim Komisi V DPR RI dalam rangka pembahasan tentang infrastruktur dan transportasi di Provinsi Riau yang berlangsung di Ruang Melati Kantor Gubernur Riau, Kamis (13/2/20).

Diungkapkan Gubri bahwa sebetulnya pulau terluar di Riau ada 4, yaitu satunya lagi Pulau Mandi. Namun di pulau ini karna memang tidak ada penghuni dan pulaunya adalah pulau batu. Sedangkan 3 pulau lainnya adalah pulaunya terdiri dari tanah gambut seperti Pulau Rangsang Pulau Bengkalis dan Pulau Rupat.

Dikatakan Gubri ketiga pulau itu keadaannya sangat memprihatinkan. Menurut pengamatannya, ada 167 kilo sepanjang 3 pulau ini telah tergerus ke laut dikarenakan mengalami abrasi. Sebab sebagian besar tanahnya gambut.

"Jadi sangat rawan ketiga pulau ini akan hilang karna memang tidak ada perhatian untuk pengamanan pulau," pungkasnya.

Melalui pertemuan itu, Gubri Syamsuar berharap Tim Komisi V DPR RI yang hadir memberikan perhatian terhadap masalah pulau terluar yang ada di Riau. Ia berharap, dengan mendapat perhatian bisa mengatasi abrasi yang sangat tinggi setiap tahunnya.

"Jika tidak ada perhatian maka akan semakin banyak tanah-tanah masyarakat yang hilang jatuh ke laut diakibatkan abrasi," pungkasnya. (MCR/NV)

Video

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE PENANGANAN COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Gubernur Corner

Penandatanganan Nota Kesepakatan Tentang Rancangan Awal Kebijakan Umum

Berita Terkait

APBD-P 2021 Riau Ditargetkan Akhir September Disahkan

Jumat, 17 September 2021 | 16:27:12 WIB

Siap-siap, KASN Izinkan Evaluasi Pejabat Pemprov Riau

Jumat, 17 September 2021 | 09:17:54 WIB

Tahun Ini DLHK Riau Bangun 100 Sekat Kanal di Tiga Daerah

Kamis, 16 September 2021 | 21:24:06 WIB

Gubri Harap Penggawa Melayu Riau Jaga Marwah Negeri

Kamis, 16 September 2021 | 13:28:33 WIB