Rabu, 26 Jumadil Akhir 1441 H | 19 Februari 2020

Info

PEKANBARU - Setelah dilakukan peninjauan lapangan oleh Komisi V DPR RI didampingi oleh Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto yakni lanjutan pembangunan jalan nasional dua jalur Kualu-Danau Bingkuang, jalan tol Pekanbaru-Dumai dan teknopolitan di Pelalawan, sore harinya Anggota Komisi V DPR RI bersilaturahmi dengan dan diterima  Gubernur Riau dan beberapa Bupati dalam rangka penyampaian berbagai usulan program prioritas nasional yang berada di propinsi Riau yang diadakan di Ruang Melati Kantor Gubernur Riau pada hari Kamis, (13/2/2020).

Pada kesempatan tersebut Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto diwakili oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Kampar Azwan menghadiri silaturahmi dan bincang terkait usulan pembangunan dengan Komisi V DPR RI.

Dalam pemaparannya Gubernur Riau mengharapkan berbagai program yang telah diajukan oleh pemerintah Provinsi Riau maupun Bupati agar menjadi perhatian khusus termasuk upaya untuk penetapan balai jalan nasional agar berdiri sendiri di Provinsi Riau untuk memudahkan koordinasi"Kata Gubernur Riau.

Sedangkan anggota komisi V Syahrul Aidi memaparkan perlunya perhatian lebih dari pemerintah pusat karena begitu banyak ekploitasi hasil daerah Riau yang begitu besar tidak seimbang dengan yang dikembalikan dalam bentuk pembangunan ke Provinsi Riau.

Syahrul Aidi juga menyampaikan kecilnya perhatian terhadap abrasi beberapa sungai diantaranya sungai  kampar dan sungai indragiri. Ia juga mengharapkan Gubernur Riau  bersama Bupati dan Wali Kota memaparkan secara langsung pada rapat lengkap komisi V DPR RI berbagai kebutuhan pembangunan infastuktur dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Ada beberapa usulan yang dipaparkan Gubernur Riau Syamsuar diantaranya jalan Provinsi ditingkatkan statusnya menjadi jalan nasional seperti Rantau Berangin ke Pasir Pengaraian, dan ruas jalan akses menuju ke Sumatera Barat.

Begitu juga terhadap pembangunan penyeberangan Roro Dumai-Melaka, dukungan melalui APBN ,begitu juga terhadap simpul-simpul penyeberangan. Selain itu di Riau ada 4 sungai besar di Riau, sering terjadi abrasi, kami mohon komisi V untuk dapat memperjuangkan untuk pembangunan turap dibeberapa sungai di Riau.

Sementara itu mewakili Bupati Kampar, Asisten II Setda Kampar Azwan menyampaikan bahwa Komisi V telah melakukan peninjauan terhadap pembangunan infrastruktur di Kampar seperti jalan tol maupun jalan dua jalur Pekanbaru-Bangkinang.

"Tentunya kita berharap pembangunan ini dapat di teruskan hingga ke Kota Bangkinang," tambah Azwan

Dijelaskan oleh Azwan, pihaknya juga telah memberikan proposal terhadap kegiatan pembangunan ke kementerian PUPR terhadap kebutuhan di Kabupaten Kampar.

Ridwan Bae selaku Ketua rombongan yang didampingi oleh anggota Syahrul Aidi Maazat, Isa Meki, Irmawan, Tamanuri, Hn Danuel Muttaqien, Anag Susanto, Ansar Ahmad, Hasan Basri, didampingi Dirjen Irigasi, Dirjen Perumahan, Cipta Karya, Dirjen Perhubungan Darat, Laut, Basarnas, BMKG dan seluruh rombongan.

Diakhiri sambutan Ridwan Bae menyatakan akan mengadakan pertemuan dengan Kementerian PUPR untuk dapat segera ditindaklanjuti terhadap usulan dari Riau. (MCR/Ajep)

Berita Terkait