Kamis, 8 Zulqaidah 1442 H | 17 Juni 2021
Energi Baru Terbarukan Jadi Alternatif
Indra Agus Lukman (internet)

PEKANBARU - Provinsi Riau pernah termasyhur dengan potensi sumberdaya alamnya. Salah satunya potensi migas yang sempat menjadi primadona di zamannya.

Kini hal itu sudah semakin memperlihatkan trend penurunan. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Riau terus berfikir keras mencarikan solusi pengembangan sumber daya alam, salah satunya energi baru terbarukan yang menjadi alternatif positif untuk dikembangkan.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Riau Indra Agus Lukman mengatakan, pihaknya memang terus mencarikan formula untuk mengembangkan potensi daerah. Seperti halnya energi baru terbarukan atau dikenal dengan EBT yang sangat memungkinkan untuk dikembangkan di Riau.

Semangat itu juga tertuang dalam RUED Riau 2020-2050 yakni akan menjadikan Provinsi Riau mandiri energi dan terdepan dalam pemanfaatan EBT. Konsep mandiri energi yang dimaksud yakni kondisi dimana Riau dapat memenuhi kebutuhan energi dalam jumlah yang cukup, aman, ramah lingkungan dengan memanfaatkan sumber dan potensi energi di wilayah provinsi Riau.

“Ini yang sedang kita upayakan. Untuk konsep terdepan dalam pemanfaatan EBT yakni, kondisi dimana provinsi Riau menjadi provinsi terdepan di Indonesia dalam pemanfaatan EBT. Baik dari sisi penelitian dan pengembangan, produksi dan bauran energi yang maksimal,” paparnya, Jumat (21/2/2020).

Sementara untuk potensi EBT yang dapat dikembangkan adalah sekror panas bumi yang bisa dikonversi ke listrik diperkirakan ada potensi hingga 20 MW. Belum lagi potensi SDA air, ada potensi sebesar 961,84 MW, dari potensi ini sudah digunakan sebanyak 114,27 MW. Tidak hanya itu bio energi dan EBT lainnya masih sangat mungkin untuk dikembangkan secara positif.

Hal itu tambah Indra juga perlu didukung dengan kemampuan sumber daya manusia dan teknologi yang diterapkan. Sehingga harapan dan capaian yang diinginkan dapat berjala optimal. (MCR/mz)

Video

Gubernur Riau Terima Bantuan Untuk PON XX Papua 2021

KONFERENSI PERS - INFORMASI DAN UPDATE COVID-19 DI PROVINSI RIAU

Launching Penerapan Belanja Langsung Pemerintah Provinsi Riau

Berita Terkait

Gubri Gelar Pertemuan Dengan Kepala OJK Riau

Kamis, 17 Juni 2021 | 00:02:28 WIB