Kamis, 11 Rabiul Akhir 1442 H | 26 November 2020

DUMAI - Pemerintah Kota Dumai, Propinsi Riau ajukan kebutuhan 1.001 calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada Kementrian PAN RI untuk mengisi berbagai formasi yang dibutuhkan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Dumai, Sepranef Syamsir mengatakan, kebutuhan aparatur sipil negara ini untuk menutupi kekurangan di sejumlah pembidangan, yaitu teknis, pendidikan dan kesehaan.

"Proposal usulan penambahan calon aparatur sipil negara ini sudah disampaikan ke Kemen PAN RI, dan semuanya tergantung petunjuk lebih lanjut apakah diterima atau tidak," kata Sepranef kepada pers di Dumai, Kamis (8/5).

Dia menerangkan, pengajuan 1.001 CPNS ini diutamakan untuk mengisi formasi tenaga teknis sebesar 60 persen, dan sisanya untuk pemenuhan pegawai penyelenggaraan pemerintah di bidang pendidikan dan kesehatan dengan jenjang pendidikan minimal D3.

Terjadi kekurangan personil pegawai di lingkup Pemkot Dumai, sebutnya, disamping karena ingin meningkatkan pelayanan publik, juga karena ada PNS yang memasuki masa pensiun.

Selanjutnya, pengajuan proposal kebutuhan CPNS tersebut, sambungnya, telah dilengkapi juga dengan berbagai persyaratan yang diperlukan, diantaranya, kajian teknis kebutuhan pegawai, analisa jabatan dan beban kerja serta dokumen proyeksi perkiraan PNS.

"Kemampuan anggaran daerah untuk belanja pegawai juga kita lampirkan dalam proposal pengajuan kebutuhan CPNS tersebut. Diharapkan usulan dapat disetujui pemerintah pusat sehingga daerah bisa membuka kesempatan bagi warga yang ingin menjadi aparatur sipil negara," ungkapnya.

Sementara, Ketua DPRD Dumai Zainal Effendi mengharapkan agar dalam sistem rekrutmen CPNS ini dapat mengutamakan putra-putri daerah dalam rangka mengurangi angka pengangguran.

"Utamakan juga penerimaan calon pegawai ini dari tenaga honorer lepas yang ada di satuan kerja karena setidaknya mereka sudah berpengalaman di pemerintahan dan ikut membantu penyelenggaraan program daerah," harapnya. (MC Riau/ar)

Video

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Peletakan Batu Pertama Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya LAM Riau

Berita Terkait

Gubri Minta Masyarakat Doakan Wali Kota Dumai

Kamis, 19 November 2020 | 10:41:05 WIB

Gubri Tunjuk Sekda Dumai Jabat Plh Wali Kota

Rabu, 18 November 2020 | 21:07:38 WIB

Bea Cukai Dumai Berhasil Amankan 50 Kg Sabu Asal Malaysia

Selasa, 10 November 2020 | 18:30:46 WIB

Truk ODOL Masuk Tol Pekanbaru-Dumai, Putar Balik Kanan

Selasa, 06 Oktober 2020 | 12:53:33 WIB

Rela Antri, Masyarakat Antusias Jajal Tol Pekanbaru-Dumai

Ahad, 27 September 2020 | 18:16:39 WIB