Jumat, 15 Syawwal 1441 H | 05 Juni 2020

Info

PEKANBARU - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI) Zulkifli Hasan, menyebutkan bahwa Pancasila itu merupakan pemersatu bangsa.

Hal tersebut disampaikan Zulkifli saat menyampaikan materi seminar nasional dan sosialisasi empat pilar kebangsaan "Bang Zulhas" Bicara Pancasila untuk Indonesia, yang berlangsung di Rektorat lantai empat Universitas Islam Riau (UIR), Senin (24/02).

Zulkifli Hasan mengungkapkan, Pancasila merupakan dasar ideologi bangsa Indonesia. Untuk itu, Pancasila bukalah pemecah belah bangsa dan bukan pula pengkotak-kotakan masyarakat yang ada di Indonesia.

"Bicara Pancasila itu bicara pemersatu, Pancasila juga kesepakatan awal bangsa," ujarnya.

Ia menambahkan, tidak ada agama yang menghambat Pancasila, justru orang yang taat dengan agamanya masing-masing merupakan orang-orang yang Pancasilais.

"Kalau tidak taat agama, menghina agama lain itu baru namanya radikal. Justru Pancasila mengajarkan kita untuk menjalan dan taat kepada agama masing-masing," terang Zulkifli.

Ia juga berpesan, kepada generasi muda terutama mahasiswa yang hadir untuk terus menjalankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, hal ini bertujuan untuk menjaga stabilitas dan keutuhan NKRI.

"Mari kita sama-sama menjaga keutuhan NKRI, tandanya kita merdeka adalah bersatu," katanya.

Dalam seminar ini, turut hadir Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Rektor II UIR Asrol, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Riau Chairul Rizki, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi serta mahasiswa-mahasiswi UIR. (MCR/IP)

Video

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 03 Juni 2020) di Provinsi Riau

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 02 Juni 2020) di Provinsi Riau

Kunjungan Kerja Gubernur Riau Terkait Pelaksanaan PSBB Di Kota Dumai

Berita Terkait