Senin, 11 Syawwal 1441 H | 01 Juni 2020

Info

TELUK KUANTAN - Kepala Desa Pulau Bayur, Kecamatan Cerenti, Maryendi menyampaikan aspirasi masyarakatnya secara langsung kepada anggota DPRD Riau, Sukarmis saat reses di desanya, Selasa (25/2/2020) kemarin. 

Ia menyampaikan usulan diantaranya, minta dibantu mesin perontok padi bagi para petani yang ada di Cerenti, dan desa Pulau Bayur khususnya.

Di katakan Mayendri, di desanya ini terhampar luas area persawahan padi. Mayoritas masyarakatnya hidup dari sektor pertanian, seperti dari komoditi padi. Karena mayoritas masyarakat bercocok tanam, maka menurutnya, diperlukan mesin yang membantu meringankan beban petani pada saat panen.

"Maka, kami mengusulkan supaya dibantu mesin perontok padi. Ini yang kami butuhkan sekarang. Kami harap, aspirasi ini bisa diperjuangkan di provinsi," kata Maryendi.

Mesin perontok padi diperlukan masyarakat pada saat panen terjadi. Namun untuk menjangkau akses setiap areal persawahan, kata Maryendi, masyarakatnya juga membutuhkan dibangunnya jalan usaha tani. "Ini untuk memudahkan akses mengangkut hasil panen," katanya.

Aspirasi lain yang disampaikan Maryendi, adalah rumah layak huni bagi masyarakatnya yang membutuhkan. 

"Kami juga usul pembangunan rumah layak huni. Kemudian juga kami minta dibantu hewan ternak. Ini guna menunjang ekonomi masyarakat kami," pintanya.

Sebelumnya, Kepala Desa Sikakak Cerenti, Andri mengusulkan dibangunnya saluran irigasi pertanian. "Kami usul dibangun saluran irigasi untuk meningkatkan produksi padi," usul Andri kepada anggota DPRD Riau, H Sukarmis, saat reses, Senin (25/2) lalu.

Menanggapi itu, anggota DPRD Riau Sukarmis meminta masyarakat menyiapkan proposal usulannya. Sehingga dirinya bisa memperjuangkannya di tingkat provinsi tentu sesuai dengan kewenangan yang dimiliki. 
"Aspirasi-aspirasi ini akan diperjuangkan di provinsi. Mudah-mudahan bisa teralisasi di tahun 2021 mendatang," tegasnya.(MCR/US)

Video

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 28 Mei 2020) di Provinsi Riau

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 27 Mei 2020) di Provinsi Riau

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 22 Mei 2020) di Provinsi Riau

Berita Terkait