Senin, 11 Syawwal 1441 H | 01 Juni 2020

Info

TELUK KUANTAN - Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sentajo Raya H Jefri Ariadi melakukan pengukuran arah kiblat pembangunan rumah ibadah di Desa Pulau Komang, Kecamatan Sentajo Raya, Kamis (28/2/2020) siang kemarin.

Pengukuran arah kiblat tempat ibadah dilakukan di tengah terik matahari sekitar pukul 12.00 WIB. Pengukuran dilakukan karena ada permintaan masyarakat.

"Permintaan masyarakat sedikit aneh terasa. Karena pengukuran arah kiblat dilaksanakan pas tengah hari," kata Kepala KUA Sentajo Raya, Jefri Ariadi kepada Wartawan, Jumat (29/2/2020) melalui telepon selularnya.

Meski begitu, pihaknya tetap memenuhi permintaan masyarakat tersebut. Hal ini sebagai upaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Kita berharap masyarakat puas dengan pelayanan yang diberikan KUA Sentajo Raya," ujarnya.

Sekitar pukul 12.00 WIB, Kepala KUA tiba di Desa Pulau Komang dan langsung disambut tokoh masyarakat. Setelah berbincang sejenak, KUA Sentra dan masyarakat langsung melakukan pengukuran arah kiblat dengan aplikasi pengukur arah kiblat.

"Pengukuran arah kiblat sangat simpel dan memudahkan. Warga cukup mendownload aplikasi Kompas Kiblat pada Android masing-masing," terangnya.

Cara yang paling akurat kata Jefri, mencari bayang-bayang matahari ketika matahari di atas Ka’bah. Posisi matahari di atas Ka’bah ini terjadi ketika deklinasi (kemiringan) matahari sebesar lintang tempat Ka’bah (21°25'  LU) serta ketika matahari berada pada titik kulminasi atas dilihat dari Ka’bah (39°50'  BT).  

Hal ini katanya, terjadi pada setiap tanggal 27 atau 28 Mei pada tahun kabisat sekitar pukul 16.18 WIB. Selain itu tanggal 15 dan16 Juli di tahun kabisat sekitar pukul 16.27 WIB. 

"Karena pada jam itu merupakan waktu Zhuhur untuk kota Makkah," katanya.

Sedangkan nama peristiwa itu katanya, disebut Istiwa' a'dham atau rasdhul qiblat. Artinya posisi matahari tepat di atas Ka'bah. Ia berharap hal ini menjadi pedoman masyarakat dalam menentukan arah kiblat.

"Semoga dengan penjelasan ini bisa menjadi pedoman dan pengetahuan bagi masyarakat muslim," katanya.(MCR/US)

Video

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 28 Mei 2020) di Provinsi Riau

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 27 Mei 2020) di Provinsi Riau

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 22 Mei 2020) di Provinsi Riau

Berita Terkait