Selasa, 9 Rabiul Akhir 1442 H | 24 November 2020
Mahmuzin Taher

MERANTI - Pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Pusat bidang Hubungan Luar Negeri 
Mahmuzin Taher, mengatakan bahwa kabupaten Kepulauan Meranti bisa menjadi poros ekonomi maritim wilayah timur Sumatera. Potensi ini bermanfaat langsung bagi peningkatan perekonomian masyarakat.

Hal itu diungkapkan Mahmuzin Taher saat berdiskusi dengan para wartawan Kabupaten Kepulauan Meranti, di Posko MT Jalan Amelia, Selatpanjang.

"Dibandingkan daerah sekitar yang geliat ekonominya berkembang seperti Dumai, Tanjungbalai Karimun dan Batam, sesungguhnya Kabupaten Kepulauan Meranti memiliki keunggulan tersendiri, yang daerah sekitar itu tidak miliki," ujar Mahmuzin Taher.

Keunggulan itu, jelasnya, yakni daerah Kepulauan ini memiliki sumber daya komoditi perkebunan dan pertanian yang sebagian besarnya masih dikuasai oleh masyarakat, bukan oleh korporasi. Disamping daerah ini juga memiliki Sumber Daya Alam lainnya.

"Karena komoditi unggulan Kepulauan Meranti sebagian besarnya masih dikuasai oleh masyarakat, maka bisa lebih mudah bagi Pemerintah Daerah untuk mengangkat perekonomian masyarakat dari sektor perkebunan dan pertanian, tinggal lagi realisasi kebijakan dengan strategi, bukan sekadar retorika," kata Mahmuzin.

Menurut anak jati Desa Lalang Tanjung, Kepulauan Meranti, yang juga menjadi salah satu Pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Pusat bidang Hubungan Luar Negeri ini, keunggulan yang dimiliki Kabupaten Kepulauan Meranti sangat menjadi kebutuhan bagi daerah lainnya.

"Kabupaten Kepulauan Meranti terletak di wilayah geografis yang strategis dan memiliki keunggulan produksi perkebunan dan pertanian yang dibutuhkan oleh daerah sekitar hingga ke pulau Jawa, bahkan negara tetangga Malaysia dan Singapura, disamping banyak potensi ekonomi lainnya yang bisa kita kembangkan," jelasnya.

Sebagai salah satu praktisi Ekonomi Maritim dan Logistik Indonesia yang juga Pengurus Asosiasi Pemilik Kapal Indonesia (INSA), Mahmuzin Taher optimis dapat menggerakkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti sebagai poros ekonomi maritim wilayah timur Sumatera.

"Masalah perekonomian masyarakat jadi fokus utama saya. Bila perekonomian masyarakat baik dan sejahtera, dunia usaha pun maju, maka sektor pembangunan lainnya akan lebih mudah dibenahi menjadi baik pula," pungkasnya. (MCR/Jef)

Video

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Peletakan Batu Pertama Sentra Ekonomi Kreatif dan Budaya LAM Riau

Gubernur Corner (14 November 2020)

Berita Terkait

Dorong Sagu Jadi Sumber Ekonomi Saat Pandemi Covid-19

Selasa, 20 Oktober 2020 | 15:34:12 WIB

Bupati Irwan Sampaikan Isu Strategi di Kepulauan Meranti

Kamis, 24 September 2020 | 16:46:13 WIB

Bupati Meranti Beberkan Alasan Mulai Sekolah Tatap Muka

Sabtu, 08 Agustus 2020 | 17:58:29 WIB

Festival Perang Air Ramaikan Imlek di Selatpanjang, Riau

Sabtu, 25 Januari 2020 | 22:16:39 WIB

Pemprov Sosialisasi P4GN di Meranti

Selasa, 03 Desember 2019 | 20:17:07 WIB

Pulau Rangsang Juga Mesti Diperhatikan Pusat

Selasa, 05 November 2019 | 21:30:42 WIB

Program BRG Bantu Perekonomian Warga

Sabtu, 03 Agustus 2019 | 09:48:27 WIB

Kepala BNPB Puji Keberhasilan Sekat Kanal

Sabtu, 03 Agustus 2019 | 09:38:46 WIB

Sekat Kanal Efektif Cegah Karhutla

Sabtu, 03 Agustus 2019 | 09:34:59 WIB