Senin, 11 Syawwal 1441 H | 01 Juni 2020

Info

TELUK KUANTAN - Di sela kesibukannya Anggota DPRD Provinsi Riau, Sukarmis dan Ketua DPRD Kuantan Singingi, Andi Putra masih menyempatkan diri untuk memenuhi undangan masyarakat kelurahan Beringin Jaya, Kecamatan Sentajo Raya dalam acara melayur jalur baru milik masyarakat setempat.

Seribuan masyarakat terlihat memadati lapangan sepakbola yang ada di Kelurahan Beringin Jaya ini untuk menyaksikan detik-detik pelayuran atau mendiang jalur baru tersebut, Sabtu (29/2/2020) malam.

Mereka terlihat begitu antusias setelah Sukarmis bersama Andi Putra dan Pemuka Masyarakat Kuansing yang juga Wakil Ketua NU Riau, Suhardiman Amby beserta anggota DPRD Kuansing Romi Alfisah Putra, Adam serta mantan anggota DPRD Kuansing Sukemi, menyulut api, pertanda mulainya jalur dilayur atau didiang.

Pemuka masyarakat Beringin Jaya, Bardi, mengapresiasi semangat masyarakat Beringin Jaya untuk memiliki jalur baru. Di tengah beratnya tantangan untuk membuat jalur baru. Oleh sebab itu, Ia berharap masyarakat tetap kompak dan bersatu. "Sudah tahu buat jalur itu sulit. Maka ini harus kita jaga dan pelihara," pintanya.

Hal yang sama diutarakan Ketua Pembuatan Jalur Beringin Jaya, Suparyanto. Ia berharap diberi dukungan dan motivasi dari anggota DPRD Riau Sukarmis dan Ketua DPRD Kuansing Andi Putra. 

"Kami berharap dukungan dan bantuannya. Karena bagi kami, Pak Sukarmis tidak asing lagi. Makanya, kami mengundang beliau untuk melayur dan memberi nama jalur baru ini," harapnya.

Sebelum jalur dilayur, mantan Bupati Kuansing dua periode Sukarmis melakukan penggalangan dana. Diperolah dana untuk menuntaskan pembuatan jalur sekitar Rp43 juta. 

Pada kesempatan tersebut, Sukarmis pun didaulat memberikan nama jalur baru ini. Beliaupun memberi dengan nama "Tuah Ratu Bukit Awan".

Anggota DPRD Riau itu pun mengapresiasi masyarakat Beringin Jaya yang berupaya menjaga dan melestarikan tradisi pacu jalur meski Beringin Jaya jauh dari Sungai Kuantan. 
"Salut kepada Beringin Jaya. Mudah-mudahan jalur yang kita layur ini mampu mengukir prestasi diberbagai gelanggang nantinya," harap Sukarmis.

Sedangkan Ketua DPRD Kuansing Andi Putra mendoakan agar jalur ini menjadi pemersatu bagi masyarakat. Setelah ini, Ia menyarankan, agar para atlet dayungnya segera latihan. Karena iven pacu jalur, terutama pacu rayon tidak lama lagi akan digelar.

"Setelah jalur ini selesai, harus latihan. Jangan tunggu lama-lama. Pacu sebentar lagi. Karena kalau saya lihat. Jalur ini bagus. Tinggal latihan saja yang harus diperkuat lagi. Dan kami mendukung masyarakat Beringin Jaya yang melestarikan pacu jalur," jelasnya.

Sebelumnya, Sekcam Sentajo Raya Erialis SE, Lurah Beringin Jaya Edi Heriadi, juga berharap jalur generasi ketiga milik masyarakat Beringin Jaya ini mampu mengikuti prestasi jalur generasi pertama, yang sukses mengukir prestasi di berbagai iven era 2007-an.(MCR/US)

Video

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 28 Mei 2020) di Provinsi Riau

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 27 Mei 2020) di Provinsi Riau

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 22 Mei 2020) di Provinsi Riau

Berita Terkait