Senin, 11 Syawwal 1441 H | 01 Juni 2020

Info

PEKANBARU - Langkah penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus dilakukan secara berkelanjutan. Begitu juga dengan armada bantuan dari Pemerintah Pusat juga sudah turun dan siap beroperasi di beberapa daerah Riau. 

Langkah ini tentunya bersinergi dengan semangat melakukan penanganan karhutla secara simultan dan berkelanjutan. Hal ini juga menjadi tindaklanjut pasca ditetapkan status siaga Karhutla beberapa waktu lalu. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger menegaskan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk antisipasi karhutla. Sejauh ini bantuan helikopter dari pusat sebagian sudah diterima oleh Pemerintah Provinsi Riau.

“Ya langkah penanganan karhutla terus dilakukan. Untuk armada water bombing, kemarin ada 1, hari ini ada lagi 1 dari KLHK, sedangkan pesawat untuk TMC (Teknik Modifikasi Cuaca) akan datang Jumat ini, mudah-mudahan tidak ada kendala,” paparnya, Kamis (5/2/2020). 

Meskipun sebagian daerah di Riau telah diguyur hujan, langkah penanganan karhutla tetap dioptimalkan. Ini terlihat dengan menambahkan kedua helikopter bantuan dari pusat itu akan dipergunakan semaksimal mungkin untuk aktifitas water bombing di kawasan yang lahannya terbakar di lapangan. 

Armada yang suport dari Pemerintah Pusat itu juga bisa digunakan untuk kegiatan patroli dan pengawasan secara berkelanjutan. Tidak hanya dari sisi armada, personil dan langkah sinergitas juga dioptimalkan bersama stakeholder terkait. Diharapkan dengan langkah-langkah itu, Riau dapat terbebas dari ancaman jerebu.(MCR/mz) 

Video

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 28 Mei 2020) di Provinsi Riau

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 27 Mei 2020) di Provinsi Riau

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 22 Mei 2020) di Provinsi Riau

Berita Terkait