Jumat, 18 Sya'ban 1441 H | 10 April 2020

Info

TELUK KUANTAN - Kejaksaan negeri Kuantan Singingi membuat sebuah terobosan baru yaitu bekerjasama dengan kantor Pos Indonesia cabang Rengat dalam menangani kasus tilang pelanggaran lalu lintas.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan langsung oleh Kepala Kejaksaan negeri Kuansing Hadiman, dan kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Rengat Andesta, serta disaksikan seluruh pejabat di lingkungan Kejari Kuansing dan pejabat kantor Pos Indonesia cabang Rengat, Selasa (10/3/2020) di aula kantor Kejari Kuansing di Teluk Kuantan.

Usai penandatanganan kerjasama tersebut, Kajari Kuansing dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari kerjasama ini tidak lain untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kuansing.

"Jadi sekarang, terkait tilang bagi pelanggar lalu lintas, tak harus lagi datang ke kantor Kejari ini. Cukup dibayar di kantor Pos terdekat dengan menunjukan surat bukti tilang, nanti buktinya akan diantar langsung oleh petugas kantor Pos ke alamat yang bersangkutan. Jadi tidak ada lagi harus ngantri di sini," ujar Kajari.

Oleh sebab itu sambung Kajari, setelah program ini diluncurkan, pihaknya akan langsung melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Sementara itu, Kepala Kantor POS Indonesia cabang Rengat, Andesta mengatakan bahwa kerjasama terkait penyelesaian kasus tilang atau istilah POStil (Pos e-Tilang) ini baru pertama di Provinsi Riau.

"Untuk Riau, ini yang pertama, tapi kalau di Sumatra ini yang kedua, karena sebelumnya Kabupaten Pariaman, Sumatra Barat sudah melaksanakannya," ujar Andesta.

Di Kuansing sendiri sebut Andesta, terdapat 5 Kantor Pos induk, yaitu Teluk Kuantan, Cerenti, Baserah, Lubuk Jambi dan Muara Lembu. Namun, untuk pembayaran tilang ini bisa dilakukan dikantor Pos mana saja.

"Misal kita warga Kuansing sedang berada di Jakarta. Kita bisa bayar di kantor Pos Jakarta, jadi sangat mudah, dan barang buktinya akan dikirim ke alamat yang bersangkutan," terangnya.

Tetapi untuk barang bukti kenderaan, menurut Andesta, itu akan dilakukan peninjauan dalam kerjasama ini.

"Untuk BB nya kenderaan, kita akan bahas lagi, sebab itu menyangkut kesiapan ekspedisi kita, tapi kalau barang buktinya SIM, STNK dan surat-surat lainnya, itu bisa kita antar ke alamat yang bersangkutan," tutupnya. (MCR/US)

Video

Ucapan Terima Kasih Gubernur Riau Kepada Insan Pers

Dari Gubernur Riau Untuk Tenaga Pendidik

Update Corona Provinsi Riau || 4 April 2020

Berita Terkait