Jumat, 18 Sya'ban 1441 H | 10 April 2020

Info

TELUK KUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi menggelar pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG). Acara yang diikuti oleh seluruh Kepala desa se-Kabupaten Kuansing ini dibuka langsung oleh Bupati Kuansing, Mursini, Selasa (10/3/2020) di aula Wisma Hasanah Teluk Kuantan.

Dalam sambutannya, Bupati Mursini mengajak seluruh peserta supaya dapat mendukung dan berpartisipasi dalam program Pengarus utamaan gender (PUG) ini.

Sementara itu, Plt Kepala dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A), Muradi menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dengan latar belakang untuk mewujudkan pembangunan yang berkeadilan dan berkesetaraan.

Pelaksanaan PUG kata Muradi, direfleksikan dalam proses penyusunan kebijakan perencanaan yang responsif gender (PPRG) . Namun PPRG sendiri katanya bukanlah merupakan tujuan akhir, tapi merupakan sebuah kerangka kerja atau alat analisis untuk mewujudkan keadilan dan penerima manfaat pembangunan.

Sedangkan tujuan dari pelatihan ini sebut Muradi, untuk meningkatkan pemahaman tentang konsep gender dan meningkatkan pemahaman tentang perencanaan serta penganggaran gender. Kemudian juga untuk mendorong komitmen internal kepala desa dalam menerapkan Anggaran Responsif Gender (ARG).

Adapun pemateri yang dihadirkan oleh Pemkab Kuansing pada pelatihan ini yaitu dari Kementerian PPPA dan Fasilitator PUG Provinsi Riau.(MCR/US) 

Video

Ucapan Terima Kasih Gubernur Riau Kepada Insan Pers

Dari Gubernur Riau Untuk Tenaga Pendidik

Update Corona Provinsi Riau || 4 April 2020

Berita Terkait