Jumat, 18 Sya'ban 1441 H | 10 April 2020

Info

TELUK KUANTAN- Lebih kurang satu hektare lahan di kawasan danau wisata Koto Kari, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau terbakar, Kamis (12/3/2020) malam.

Menurut keterangan Kepala desa Koto Kari, Ardiman yang ditemui sekitar pukul 19:15 WIB di lokasi kebakaran, mengatakan api yang membakar lahan sudah padam sekira 15 menit berlalu.

Namun, petugas pemadam kebakaran dari Satuan Polisi Pamongpraja (PP) masih melakukan penyemprotan pada sisa-sisa titik asap yang muncul.

Kata Ardiman, penyebab kebakaran ini diduga dari tumpukan sampah yang dibakar orang tidak dikenal. Tumpukan sampah tersebut berada persis ditepi semak-semak lahan yang terbakar.

"Memang di sini ada tumpukan sampah yang dikumpulkan oleh petugas kebersihan kita. Mungkin saja ada yang membakar sampah tersebut kemudian ditinggalkan sehingga menjalar ke semak-semak,"ujar Ardiman sambil menunjukan titik tempat sampah itu dikumpulkan.

Lebih lanjut Ardiman menjelaskan, peristiwa kebakaran ini terjadi sekira pukul 18:30 WIB."Kejadiannya pas Azan magrib, api cukup besar, karena cuaca sejak beberapa hari terakhir ini cukup panas. Tiga unit Mobil damkar dari Satpol PP tiba di sini sekira 30 menit kemudian. Alhamdulilah dibantu aparat kepolisian dan masyarakat, dengan waktu lebih kurang 30 menit api bisa dipadamkan," terangnya.

Lahan yang terbakar itu kata Ardiman, merupakan kebun karet yang tidak lagi produktif dan tidak terawat. Lahan ini statusnya milik Pemkab Kuansing."Ini kebut karet, tapi tak terawat sehingga semak. Statusnya milik Pemkab Kuansing. Untuk luas keseluruhannya saya kurang tahu pasti, tapi cukup luas. Kemudian Lahan ini digantirugi oleh Pemkab pada tahun 2006 lalu. Katanya untuk pengembangan danau wisata ini. Tapi hingga sekarang sudah 14 tahun, belum juga digarap," sambungnya.

Sementara, terkait peristiwa kebakaran ini, Ardiman mengimbau kepada masyarakat dan pengunjung danau wisata Koto Kari agar tidak membakar sampah atau apa pun, termasuk juga membuang puntung rokok jangan sembarangan."Kalaupun ada yang mau membakar sampah, harus diawasi, sampai api benar-benar padam,"tegasnya.(mcr/Us) 

Video

Ucapan Terima Kasih Gubernur Riau Kepada Insan Pers

Dari Gubernur Riau Untuk Tenaga Pendidik

Update Corona Provinsi Riau || 4 April 2020

Berita Terkait