Senin, 11 Syawwal 1441 H | 01 Juni 2020

Info

BENGKALIS - Agar tidak terjadi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Bantan melakukan pembinaan penghapusan kekerasan dalam rumah tangga (PKDRT) di Desa Jangkang, Jumat (13/3/2020).

Kegiatan yang dipadukan dengan wirit yasin mingguan ibu-ibu pengajian Dusun Mekar Indah dan Dusun Tambak Rejo diikuti juga oleh keluarga pola asuh anak dan remaja (PAAR) serta para kader dan PKK Desa Jangkang, mendatangkan narasumber Maiyurnis selaku ketua Pokja 1 TP PKK Kecamatan Bantan

Maiyurnis mengatakan pembinaan yang dilakukan dalam rangka mencegah dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang PKDRT.

"Terjadinya PKDRT atau perbuatan terhadap seseorang terutama perempuan mengakibatkan timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis atau penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan pemaksaan, perampasan kemerdekaan, " jelas Maiyurnis

Maiyurnis berharap kegiatan yang telah dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat, kader PKK dan keluarga PAAR serta dapat meningkatkan motivasi dalam mengabdi dan membangun Desa Jangkang lebih baik kedepannya.

"Tentunya melalui kegiatan ini memberikan informasi dan motivasi tentang pencegahan KDRT, sehingga menguatkan ketahan keluarga yang merupakan pondasi kokoh masyarakat, membuat masyarakat lebih stabil dan fokus meningkatkan kualitas hidup, kualitas pendidikan, kualitas perekonomian," harapnya.

Sementara itu ketua TP PKK Desa Jangkang Dian Martinah mengucapkan terima kasih atas pembinaan yang dilakukan oleh TP PKK Kecamatan Bantan, ia berharap melalui pembinaan tersebut dapat memberikan dorongan bagi semua kader untuk berperan aktif melakukan langkah pencegahan KDRT sehingga bisa meningkatakan derajat kesejahteraan masyarakat.

“Pembinaan ini sangatlah bermanfaat sekali, sehingga masyarkat bisa mampu menerapkan ketahan pondasi dalam keluarga untuk mengembangkan nilai-nilai kasih sayang sehingga terbentuk sebuah keluarga yang rukun dan harmonis,” kata Dian.

Pencegahan Narkoba

Sebelumnya TP PKK Kecamatan Bantan melakukan pembinaan tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba, di Aula Serbaguna Desa Jangkang, Sabtu (7/3/2020).

Pada kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Kecamatan Bantan Sumiati mengatakan pembinaan yang dilakukan untuk memberikan edukasi dan pemahamaan kepada masyarakat terutama keluarga binaan PAAR tentang bahaya narkoba dipandang dari sudut kesehatan. 

”Dengan pembinaan mengenai pencegahan penyalahan narkoba ini tentunya diharapkan masyarakat lebih tau dan paham tentang bahaya narkoba,” katanya.

Sementara itu Kepala Desa Jangkang Edi Sutrisno yang diwakili Sekretaris Desa Muhammad Aslam mengatakan Pemerintah desa sangat mendukung adanya kegiatan pembinaan pencegahan narkoba.

“Alhamdulillah sekarang remaja Desa Jangkang sekarang cendrung lebih banyak kearah positif tidak ada lagi yang suka nongkrong sampai larut malam, karna aktifitas yang padat disiang hari seperti olahraga futsal volly dan tahfis Qur’an, apalagi sekrang di Jangkang sudah ada Kampung Qur’an,”kata pria yang akrab disapa Aslam. 

Hadir pada kegiatan tersebut yakni keluarga binaan PAAR, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh masyarakat, ketua serta pengurus PKK Desa Jangkang.

Adapun yang menjadi narasumber yakni Ns. Prayetno, S.Kep dari UPT. Puskesmas Selatbaru yang juga anggota pokja IV TP. PKK Kecamatan Bantan. (MCR/man)

Video

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 28 Mei 2020) di Provinsi Riau

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 27 Mei 2020) di Provinsi Riau

Konferensi Pers Update Covid-19 ( 22 Mei 2020) di Provinsi Riau

Berita Terkait