Jumat, 18 Sya'ban 1441 H | 10 April 2020

Info

PEKANBARU - Salah satu Program terkait dengan Penanggulangan Inflasi Daerah adalah dengan menguatkan ekonomi masyarakat yang mandiri, terutama dari  segi penguatan pangan keluarga, salah satu program inovasi Daerah yakni program Optimalisasi Cara Untuk Mandiri Pangan atau disingkat dengan Ocu Mapan. Program ini telah diluncurkan oleh Pemkab Kampar beberapa waktu lalu dan telah menjadikan Kelurahan Langgini sebagai Pilot projeknya. 

Untuk aktualisasi dan merealisasikan program ini Pemkab melalui Tim yang berisikan beberapa Satker telah Mulai menyerahkan beberapa bantuan untuk keluarga Petani dan kelompok tani di kelurahan Langgini, Bangkinang, Minggu (15/03/2020).

Penyerahan dan penaburan bibit yang langsung kepada masyarakat Diantaranya Dinas Peternakan berikan bantuan berupa ayam KUB sebanyak 150 ekor untuk satu kandang, Dinas Ketahanan pangan berupa benih sayuran seperti cabe kriting, tomat ,terong sekitar 3000 polibeg.

Sementara Bantuan dari Dinas Perikanan berupa Bibit gurami sebanyak 200 ekor dan 25 kg pelet, sedangkan Dinas pertanian berupa 4500 bibit cabe, traktor roda 4 dua unit dan sekaligus praktek pengelolaan tanah menggunakan traktor roda empat.

Selain dari OPD di Pemkab Kampar  bantuan juga diberikan oleh Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas) Kabupaten Kampar  berupa ternak kambing satu kelompok dengan 8 orang anggota sebanyak 22 ekor dan bantuan bahan satu unit kandang berukuran 4 x 6 meter.

Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, yang diwakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar Cokroaminoto usai menyerahkan langsung kepada petani dan kelompok menyatakan agar program ini hendaknya dapat memberikan peningkatan ekonomi dan kemandirian terhadap kebutuhan pangan seperti sayur, daging maupun ikan.

"Tentu kita berharap akan memberikan dampak bagi ekonomi masyarakat" Kata Cokroaminoto selaku koordinator yang juga Tim Penanggulangan Inflasi Daerah Kabupaten Kampar.

Pada kesempatan tersebut juga dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kampar Bustan, Kadis Perikanan Usman Amin, Kabag Ekonomi Arman dan petani dan kelompok petani di Kelurahan Langgini Kecamatan Bangkinang. (MCR/Ajep)

Video

Ucapan Terima Kasih Gubernur Riau Kepada Insan Pers

Dari Gubernur Riau Untuk Tenaga Pendidik

Update Corona Provinsi Riau || 4 April 2020

Berita Terkait