Ahad, 4 Jumadil Akhir 1442 H | 17 Januari 2021
A generic square placeholder image with rounded corners in a figure.

BANGKINANG - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Forum Perangkat Daerah (FPD) Tahun 2020 guna penyusunan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)  Tahun 2021, pada 17-19 Maret 2020.

FPD ini merupakan wadah penampungan dan penjaringan aspirasi masyarakat dan dunia usaha (pemangku kepentingan), untuk penyempurnaan rancangan kebijakan penyusunan Renja (rencana kerja) Perangkat daerah.

Forum ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Azwan, di aula kantor Bappeda Kabupaten Kampar, Selasa (17/03/2020). 

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar Repol, Anggota DPRD Sunardi, Kepala OPD, Camat, Sekretaris Bappeda Kabupaten Kampar M. Fadli Mukhtar, dan pejabat di lingkungan Bappeda Kabupaten Kampar serta undangan lainnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Azwan pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa FPD ini merupakan salah satu tahapan  yang harus dilaksanakan dalam penyusunan dokumen perencanaan. Untuk itu, pada forum ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta untuk bersama-sama meneliti usulan kegiatan baik itu yang berasal dari pokok-pokok pikiran (pokir) DPRD, Renja OPD atupun hasil musrenbang kecamatan.

Disampaikan Azwan bahwa salah satu tujuan Forum ini adalah, Penyelarasan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi PD berdasarkan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang Kecamatan. Kemudian penajaman indikator dan target kinerja program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi PD. 

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar, Repol menyampaikan bahwa dalam penyusunan dokumen perencanaan ini perlu  disamakan persepsi antara pemerintah daerah dan DPRD.

“Kita samakan persepsi sehingga ada tahapan-tahapan pembangunan yang menjadi skala prioritas,” ujar Repol.

Setelah dibuka, maka dilanjutkan pembahasan yang dibagi dalam tiga bidang yakni bidang Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia dengan koordinator Dinas Kesehatan, Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam dengan koordinator Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan dengan koordinator Dinas Pekerjaan Umum, Penataan ruang dan Pertanahan.

Masing-masing Kepala Bidang yang mewakili Bappeda di setiap bidang menyampaikan materi tentang penyusunan RKPD tahun 2021. Seperti di bidang Infrastruktur dan Kewilayahan materi disampaikan oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Safri.

Disampaikan Safri bahwa Isu Strategis Kabupaten Kampar Tahun 2021, Pengembangan Sumberdaya Manusia, Tata Kelola Pemerintahan Daerah, Penguatan Struktur Perekonomian Daerah, Pengembangan Wilayah dan Pengelolaan Sumberdaya Alam.

Adapun Tema  RKPD Kabupaten Kampar Tahun 2021 yakni “Memacu investasi dan sinergitas antara Sektor serta Dunia Usaha Dalam Memperkuat Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat”.

Berikut ini empat Prioritas Pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2021 yakni; Pertama, Pengembangan sumberdaya manusia yang beradat, berbudaya, beriman dan bertaqwa.

Kedua, Tata kelola pemerintahan daerah yang profesional, maju dan berkualitas dalam menyelenggarakan pelayanan.

Ketiga, Struktur perekonomian daerah yang kuat dan mantap berbasis potensi lokal, berdaya saing dan berkelanjutan;

Keempat, Pengembangan wilayah dan pengelolaan sumberdaya alam yang efisien, efektif, dan berwawasan lingkungan dengan didukung oleh sistem infrastruktur yang terintegrasi.

Prioritas  pembangunan ini memiliki tujuan yang diikuti strategi dan arah kebijakan. Kemudian keterkaitan tema RKPD dengan prioritas pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2021 ini adalah untuk mencapai goals tahun 2021 yakni pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya, dilakukan pembahasan terhadap usulan kegiatan. Hasil pembahasan per bidang ini dituangkan dalam bentuk berita  acara yang ditanda tangani oleh perwakilan peserta forum.  

Kemudian untuk pelaksanaan forum PD yang dijadwalkan tiga hari ini, sistem tatap muka hanya dilaksanakan satu hari pada Selasa (17/03/20), sedangkan pelaksanaan Forum PD dan pembahasan selanjutnya tanpa tatap muka (rapat-rapat). 

Hal ini sesuai dengan arahan Bupati Kampar pada saat rapat koordinasi pencegahan virus corona di lantai III Bupati Kampar. Dimana untuk antisipasi dan pencegahan menularnya Covid-19, maka  hari Selasa ini adalah hari terakhir rapat-rapat yang menghadirkan tatap muka langsung di lingkungan Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Kampar. (MCR/Ajep)

Video

Penyuntikan Vaksinasi Covid-19 Di Provinsi Riau

Wakil Gubernur Riau Pimpin Rakor Bahas Rencana Vaksin Covid-19 dan Pengetatan Prokes

Wakil Gubernur Riau Hadiri Rapat Penanganan Covid-19 dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi

Berita Terkait

Wagubri Ajak Poktan di Riau Tingkatkan Inovasi Pertanian

Sabtu, 12 Desember 2020 | 15:22:17 WIB

PLN Bantu 83 Juta Rupiah Untuk Pariwisata Kampar

Kamis, 03 Desember 2020 | 20:28:48 WIB

Festival Subayang Lestarikan Alam Melalui Sektor Pariwisata

Senin, 16 November 2020 | 18:52:07 WIB

Riau Gelar Event Wisata Virtual Festival Subayang

Sabtu, 14 November 2020 | 18:03:50 WIB

Kisah Pandai Besi Kampar Berjuang di Tengah Pandemi

Selasa, 10 November 2020 | 20:18:29 WIB

Tim SAR Evakuasi Warga Kampar Tenggelam di Sungai

Jumat, 23 Oktober 2020 | 20:49:19 WIB

Gubri Imbau Masyarakat Manfaatkan Potensi Riau

Selasa, 20 Oktober 2020 | 17:41:21 WIB

Pemprov Siap Fasilifasi UMKM Desa Kampar

Selasa, 20 Oktober 2020 | 15:15:51 WIB