Sabtu, 20 Rabiul Akhir 1442 H | 05 Desember 2020
Wali Kota Dumai Khairul Anwar

DUMAI - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai, Riau, Said Mustafa menyatakan, untuk pengambilan suatu kebijakan pemerintah, maka diperlukan pendataan yang valid dimulai dari aparatur pemerintahan di kecamatan dan kelurahan.

Pendataan pihak kecamatan dan kelurahan ini, lanjutnya, setiap tahun anggaran akan terus mengalami perubahan, sehingga diperlukan langkah evaluasi untuk perencanaan yang lebih matang dan baik lagi di kemudian hari.

"Agar pendataan di tingkat kelurahan maksimal, maka pemerintah menyelenggarakan pelatihan penyusunan profil kelurahan tahun 2014 dengan peserta perwakilan dari seluruh pemerintahan kecamatan dan kelurahan," kata Said, Rabu (14/5) kepada pers di Dumai.

Menurutnya, pendataan yang benar dan valid akan berdampak terhadap program pembangunan yang dijalankan di tengah masyarakat dan sangat diperlukan untuk mengambil suatu kebijakan pembangunan.

Karena itu, dia berharap dengan pentingnya data akurat dan valid ini agar aparatur pemerintahan di kecamatan dan kelurahan dapat menjalankan tugas dan menyusun data dengan baik dan optimal demi pelaksanaan tugas dan pelayanan publik.

"Kepentingan pendataan pemerintah dimulai dari tingkat terbawah, yaitu kelurahan, karena itu diharapkan dalam penyusunan data yang berkaitan dengan masyarakat banyak agar dilakukan dengan baik dan cermat," jelasnya.

Sebab, data tingkat perkembangan kelurahan merupakan status tertentu dari capaian hasil kegiatan pembangunan yang mencerminkan tingkat kemajuan atau keberhasilan masyarakat yang dilaksanakan oleh pemerintah. (MC Riau/ar)

Video

Launching Dan Lelang Batik Bangsa Orang Laut

Selamat Hari Ulang Tahun Ke-75 Persatuan Guru Republik Indonesia Tahun 2020

Gubernur Riau Pimpin Rakor Penegakan Perda Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Kesehatan

Berita Terkait

Gubri Minta Masyarakat Doakan Wali Kota Dumai

Kamis, 19 November 2020 | 10:41:05 WIB

Gubri Tunjuk Sekda Dumai Jabat Plh Wali Kota

Rabu, 18 November 2020 | 21:07:38 WIB

Bea Cukai Dumai Berhasil Amankan 50 Kg Sabu Asal Malaysia

Selasa, 10 November 2020 | 18:30:46 WIB

Truk ODOL Masuk Tol Pekanbaru-Dumai, Putar Balik Kanan

Selasa, 06 Oktober 2020 | 12:53:33 WIB

Rela Antri, Masyarakat Antusias Jajal Tol Pekanbaru-Dumai

Ahad, 27 September 2020 | 18:16:39 WIB